Kamis, 27 Juni 2019

Workshop Online SAGUSABLOG (Satu Guru Satu Blog) GRATIS

Asyiknya Mengikuti Workshop Online SAGUSABLOG


SAGUSABLOG merupakan salah satu kegiatan yang diprakarsai Ikatan Guru Indonesia (IGI). SAGUSABLOG pertama kali dilaksanakan di Surabaya pada tanggal 6 s/d 10 Oktober 2016 dalam rangkaian kegiatan TOT Literasi Produktif Berbasis IT dalam kelas Mobile Blogging dengan trainer Amin Mungamar (Mr. Mung), dan Dahli Ahmad (Kang Dahli). SAGUSABLOG (Satu Guru Satu Blog) bertujuan mengajak Guru di seluruh Indonesia untuk belajar bersama membuat media pembelajaran berbasis blog, sehingga pembelajaran bisa lebih menyenangkan dan tidak lagi terbatas dengan jarak dan waktu.
SAGUSABLOG membuka workshop online menggunakan sarana chating melalui aplikasi telegram, dibantu dengan modul dan video pembelajaran sehingga mudah dipahami peserta workshop online walaupun belajar mandiri dirumah masing-masing. Selain Workshop Online, SAGUSABLOG juga sering mengadakan kegiatan workshop live di beberapa daerah di Indonesia dengan mendatangkan pelatih-pelatih SAGUSABLOG Nasional.
Saat ada postingan pengumuman pendaftaran Workshop Online SAGUSABLOG di GWA Kanal KTI SAGUSAKTI (Satu Guru Satu Karta Tulis Ilmiah), saya langsung mengisi form pendaftaran via web gurupembelajar.igi.or.id. Beberapa hari kemudian, alhamdulillah saya dinyatakan lolos dan berhak mengikuti Pelda (pelatihan daring). Saya masuk dan tergabung di kelas 23 B, dengan dibimbing oleh pelatih pendamping, yaitu Dyah Ayu Woro Wirateh dan mas Dewa Made Yuda Andika.

Sebelumnya, ketika saya tidak menyadari telah diterima, pada tanggal 17 Juni 2019, mbak Dyah Ayu Woro Wirateh mengontak via nomor WhatsApp saya untuk mengonfirmasi keikutsertaan saya. Saya pun langsung menggabungkan diri via group Telegram SAGUSABLOG 23 B KELAS DASAR. Mbak Dyah menegaskan, workshop online Pelda ini akan dimulai Tanggal 23 s.d 29 Juni 2019. Ucapan terima kasih saya sampaikan kepada mbak Dyah atas kepedulian dan perhatiannya kepada para peserta, tak terkecuali kepada saya.
Saya baru intens mengikuti Workshop Online Sagusablog pada hari ini (27/06/2019). Ini karena beberapa hari yang lalu tanggal 21-23 Juni 2019, seluruh guru dan karyawan di sekolah saya (SMAN 1 Banguntapan Bantul) mengadakan kunjungan wisata ke objek wisata Pangandaran, Jawa Barat. Rombongan kami bertolak ke Pangandaran pada hari Jum'at (21/06/2019) pukul 20.05 WIB dan tiba di hotel transit pukul 02.00 dini hari. Agenda tour selama tiga hari itu sangat padat, dimulai dari River Body Rafting di Citumang, Wisata Alam di Green Canyon (Cukang Taneuh), Wisata di Pantai Batu Karas, Wisata Alam di Hutan Lindung Pangandaran, melongok Gua Panggung, Gua Parat/Mak Lampir, dan Gua Miring, serta Pantai Pasir Putih.
Piknik atau berwisata ke Pangandaran sungguh merupakan keseruan yang sangat wooww!!, sebab dengan ber-happy ria kami dapat menghilangkan rasa penat dan lelah dari hiruk-pikuk rutinitas tugas sehari-hari. Namun amat disayangkan ternyata paska kegiatan tersebut, badan saya malah drop. Selasa pagi (25/06) suhu badan saya cukup tinggi (37" C), saya mengalami demam dan pusing. Kontan saja, saya langsung memeriksakan diri ke dokter keluarga dan didiagnosa saya terkena radang tenggorokan, akibat meminum air kotor waktu mengikuti Body Rafting. Selain itu, barangkali badan saya terkena angin laut akibat naik perahu bermotor bersama rombongan untuk menikmati pemandangan terumbu karang. bawah laut yang cukup dangkal.
Puji syukur alhamdulillah, hari ini saya sudah fit kembali. Ketika saya membuka group Telegram Sagusabog Kelas 23 B, saya sungguh kaget karena sudah banyak tertinggal jauh materi yang harus dipelajari secara mandiri. Akan tetapi, bilamana ada peserta yang mengalami kesulitan dapat menanyakan dan berkonsultasi via group Telegram dengan para pelatih. Workshop ini berisi bagaimana cara membuat Media Pembelajaran Berbasis Blog kelas Dasar. Materi yang diambil dari modul dasar Membuat Blog (karya Mr. Mung) ini berjumlah enam (6) Modul. Modul pertama berisi tentang pengenalan awal cara "Membuat Blog dengan Blogger"; Modul 2 tentang "Mengganti dan Mendesain Template Bawaan Blogger"; Modul 3 tentang "Mendesain Header Blog"; Modul 4 mengenai cara "Mengelola dan Menghias Blog"; Modul 5 tentang "Membuat dan Mengelola Menu Blog"; dan yang terakhir modul 6 berisi tentang "Membuat dan Mengelola Soal Online di Google Drive." Panduan materi-materi tersebut sangatlah detail, disertai dengan beragam link tutorial dari you.tube yang membantu peserta menaklukkan 'tantangan' untuk jadi blogger yang mumpuni, -meski hanya pada level amatir, hehehe... 
Sekalipun demikian, karena saya sudah sedikit memahami alur pembuatan Blog, insyaAllah saya bisa menyelesaikan ragam tugas yang wajib dipenuhi dan dikerjakan sampai tuntas. Saya berharap nantinya di akhir pelatihan, kita semua yang tegabung di kelas 23 B ini lulus semuanya dan memperoleh sertifikat workshop (34 jam), yang dapat dinilaikan dalam pengajuan angka kredit pengembangan diri. Di samping itu, ilmu yang diperoleh selama menjalani Pelda ini semoga makin bermanfaat bagi kemajuan peserta sendiri, dan terutama untuk meningkatkan layanan kepada peserta didik dan kualitas pembelajaran di kelas kita masing-masing. Sehingga, di era Revolusi Industri 4.0 ini para pendidik dapat berkolaborasi dan memanfaatkan Media Pembelajaran Berbasis Blog, sesuai dengan tujuan workshop ini. Aammiiiin yaa robbal 'aalamiiin.
Terima kasih atas seluruh kesabaran, atensi dan bantuannya para instruktur... Jazakumullah

Berikut ini tautan Video Panduan Desain Header Blog dengan Program Paint Bawaan Windows 8


Bantul, 27 Juni 2019

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Informasi Guru

Workshop Online SAGUSABLOG (Satu Guru Satu Blog) GRATIS

Asyiknya Mengikuti Workshop Online SAGUSABLOG SAGUSABLOG merupakan salah satu kegiatan yang diprakarsai Ikatan Guru Indonesia (IGI) ...