Kamis, 27 Juni 2019

RPP 8 Mapel PAI Kelas XI Semester 2


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Satuan Pendidikan                        : SMA Negeri 1 Banguntapan 
Mata Pelajaran                  : Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti
Program Keahlian             : Semua Program (MIPA/IPS)
Tahun Pelajaran                : 2019/2020    
Kelas/Semester                 : XI / Genap
Materi Pokok                    : Iman kepada Rasul-rasul Allah Swt.
Alokasi Waktu                  : 3 Minggu x 3 Jam Pelajaran @45 Menit

A.     Kompetensi Inti
·         KI-1: Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya.
·         KI-2: Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan pro-aktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
·         KI-3: Memahami, menerapkan, menganalisis dan mengevaluasi pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.
·         KI-4: Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, bertindak secara efektif dan kreatif, serta mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan.

B.     Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi (IPK) :
                    
Kompetensi Dasar
Indikator Pencapaian Kompetensi
1.4
Meyakini adanya rasul-rasul Allah Swt.

1.4.1
Menerima adanya rasul-rasul Allah Swt
1.4.2
Meyakini keberadaan rasul-rasul Allah Swt dan kebenaran ajaran syariat Islam.
2.4
Menunjukkan perilaku saling menolong sebagai cerminan beriman kepada rasul-rasul Allah Swt.
2.4.1
Memilih sikap dan perilaku saling menolong sebagai cerminan beriman kepada rasul-rasul Allah Swt.
2.4.2

Membangun sikap dan perilaku saling menolong sebagai cerminan beriman kepada rasul-rasul Allah Swt.
2.4.3

Menunjukan sikap dan perilaku saling menolong, disiplin, jujur dan bertanggungjawab, sebagai implementasi beriman kepada rasul-rasul Allah Swt.
3.4
Menganalisis makna iman kepada rasul-rasul Allah Swt.
3.4.1
Menjelaskan pengertian beriman kepada rasul-rasul Allah Swt.
3.4.2
Menjelaskan kandungan dalil naqli tentang iman kepada rasul-rasul Allah Swt.
3.4.3
Membedakan pengertian nabi dan rasul
3.4.4
Menjelaskan nama-nama rasul-rasul Allah Swt. yang wajib diimani beserta sejarahnya
3.4.5
Menjelaskan sifat-sifat rasul
3.4.6
Menunjukkan tanda-tanda orang yang beriman kepada rasul-rasul Allah
3.4.7
Menyimpulkan hikmah dan manfaat beriman kepada rasul-rasul Allah
4.4
Menyajikan hubungan antara iman kepada rasul-rasul Allah Swt. dengan keteguhan dalam bertauhid, toleransi, ketaatan, dan kecintaan kepada Allah
4.4.1
Mengidentifikasi perilaku orang yang beriman kepada rasul-rasul Allah

4.4.2
Merumuskan hubungan antara beriman kepada rasul-rasul Allah Swt., dengan keteguhan dalam bertauhid, toleransi, ketaatan, dan kecintaan kepada Allah
4.4.3

Mempresentasikan keterkaitan antara beriman kepada rasul-rasul Allah Swt., dengan keteguhan dalam bertauhid, toleransi, ketaatan, dan kecintaan kepada Allah

C.   Tujuan Pembelajaran :
Melalui model pembelajaran Discovery Learning, peserta didik diharapkan dapat: menganalisis makna iman kepada rasul-rasul Allah Swt.; menyajikan keterkaitan antara beriman kepada rasul-rasul Allah Swt. dengan keteguhan dalam bertauhid, toleransi, ketaatan, dan kecintaan kepada Allah; meyakini adanya rasul-rasul Allah Swt. sebagai utusan-Nya kepada umat manusia, dan menunjukkan perilaku saling menolong sebagai cerminan beriman kepada rasul-rasul Allah Swt. dalam kehidupan sehari-hari.
Berdasarkan IPK di atas, maka tujuan pembelajaran yaitu:
Pertemuan 1
1.      Setelah menggali informasi dan berdiskusi, peserta didik dapat lebih meyakini keberadaan rasul-rasul Allah sebagai utusan-Nya kepada umat manusia.
2.      Melalui kegiatan yang telah dilakukan, peserta didik dapat menunjukkan sikap dan perilaku saling menolong sebagai cerminan beriman kepada rasul-rasul Allah Swt secara bertanggungjawab dalam kehidupan sehari-hari.
3.      Setelah menggali informasi dan berdiskusi, peserta didik dapat: menjelaskan makna iman kepada rasul-rasul Allah Swt.; menyebutkan dalil naqli tentang beriman kepada rasul-rasul Allah Swt.; membedakan pengertian nabi dan rasul; menyebutkan nama-nama rasul-rasul Allah Swt. yang wajib diimani beserta sejarahnya; dan menjelaskan sifat-sifat rasul.

Pertemuan 2
1.        Setelah berdiskusi dan menggali informasi, peserta didik dapat menunjukkan tanda-tanda orang yang beriman kepada rasul-rasul Allah dan menyimpulkan hikmah beriman kepada rasul-rasul Allah Swt.
2.        Setelah membuat rangkuman tokoh inspiratif yang memiliki keimanan yang teguh terhadap adanya rasul-rasul Allah Swt., peserta didik dapat mengidentifikasi perilaku orang yang beriman kepada rasul-rasul Allah dan mempresentasikan/memformulasikan keterkaitan antara beriman kepada rasul-rasul Allah Swt., dengan keteguhan dalam bertauhid, toleransi, ketaatan, dan kecintaan kepada Allah dalam kehidupan sehari-hari.

D.     Materi Pembelajaran
v  Fakta: Deskripsi tentang iman kepada Rasul-rasul dan Nabi utusan Allah Swt.
v  Konsep:
                          1.      Pengertian Iman kepada Rasul-rasul Allah Swt.
                          2.      Ayat-ayat yang berkaitan dengan iman kepada Rasul-rasul dan Nabi utusan Allah Swt.
                          3.      Sikap mengimani Rasul Allah; Menampilkan sikap sidiq, amanah, tabligh dan fathonah sebagai refleksi dari iman kepada Rasul-rasul Allah Swt
                          4.      Hikmah yang diperoleh dari beriman kepada Rasul-rasul Allah Swt
v Prosedural: Cara meyakini dan menerapkan iman kepada Rasul-rasul Allah Swt dalam kehidupan sehari-hari, termasuk keteladanan Rasulullah Saw sebagai uswatun hasanah dan Rasul Penutup (khatamul-anbiya)
v  Metakognitif:
                          1.      Hubungan antara iman kepada rasul-rasul Allah Swt. dengan keteguhan dalam bertauhid, toleransi, ketaatan, dan kecintaan kepada Allah Swt.
                          2.      Dampak positif dari perilaku beriman kepada Rasul-rasul Allah Swt.

E.     Metode Pembelajaran
1)  Pendekatan                   : Saintifik
2)  Model Pembelajaran     : Discovery Learning (DL)
3)  Metode                         : Tanya jawab dan diskusi kelompok

F.      Media Pembelajaran
Media:
·      Laptop dan LCD projector
·      Bahan Tayang VCD Pembelajaran, Power point dan media audio visual lainnya
·      Mushaf Al-Qur’an

Alat/Bahan :
·         Spidol, papan tulis white board, Lembar kerja (siswa) dan Lembar penilaian

G.  Sumber Belajar
·      Depag RI, Al-Qur’an dan terjemahannya
·      Buku Siswa PAI dan Budi Pekerti SMA/MA/SMK/ MAK Kelas XI (Kemendikbud RI, Edisi Revisi 2017)
·      Sadi dan M. Nasikin, Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti untuk SMA Kelas XI, (Jakarta: Penerbit Erlangga, 2017)
·      MGMP PAI SMA Kabupaten Bantul, Modul Pembelajaran PAI dan Budi Pekerti Kelas XI Semester II
·      Multimedia pembelajaran interaktif
·      Internet, Kitab Tafsir (al-Maraghi, Jalalain, dll), Kitab Hadits Kutubussittah

H.  Langkah-langkah Pembelajaran:

1 . Pertemuan Pertama (3 x 45 Menit)
Kegiatan Pendahuluan (15 Menit)
Guru :
Orientasi
v  Melakukan pembukaan dengan salam pembuka, memanjatkan syukur kepada Tuhan YME dan berdoa  untuk  memulai pembelajaran
v  Memeriksa kehadiran peserta didik sebagai sikap disiplin
v  Menyiapkan fisik dan psikis peserta didik  dalam mengawali kegiatan pembelajaran.
Aperpepsi
v  Mengaitkan materi/tema/kegiatan pembelajaran yang akan dilakukan dengan pengalaman peserta didik dengan materi/tema/kegiatan sebelumnya
v  Mengingatkan kembali materi prasyarat dengan bertanya.
v  Mengajukan pertanyaan yang ada keterkaitannya dengan pelajaran yang akan dilakukan.
Motivasi
v  Memberikan gambaran tentang manfaat mempelajari pelajaran yang akan dipelajari dalam kehidupan sehari-hari.
v  Apabila materi tema/projek ini kerjakan dengan baik dan sungguh-sungguh ini dikuasai dengan baik, maka peserta didik diharapkan dapat menjelaskan tentang materi :
§  Pengertian Iman kepada Rasul-rasul Allah Swt
§  Ayat-ayat yang berkaitan dengan iman kepada Rasul-rasul dan Nabi utusan Allah Swt.
§  Sikap mengimani Rasul Allah; Menampilkan sikap sidiq, amanah, tabligh dan fathonah  sebagai refleksi dari iman kepada Rasul-rasul Allah Swt.
§  Hikmah yang diperoleh dari beriman kepada Rasul-rasul Allah Swt
v  Menyampaikan tujuan pembelajaran pada pertemuan yang berlangsung
v  Mengajukan pertanyaan
Pemberian Acuan
v  Memberitahukan  materi pelajaran yang akan dibahas pada pertemuan saat itu.
v  Memberitahukan tentang kompetensi inti, kompetensi dasar, indikator, dan KKM pada pertemuan yang  berlangsung
v  Pembagian kelompok belajar
v  Menjelaskan mekanisme pelaksanaan pengalaman belajar  sesuai dengan langkah-langkah pembelajaran.
Kegiatan Inti ( 105 Menit )
Sintak Model Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Stimulation
(stimulasi/
pemberian
rangsangan)
KEGIATAN LITERASI
Peserta didik diberi motivasi atau rangsangan untuk memusatkan perhatian pada topik materi Dalil-dalil al-Qur’ān dan hadis tentang beriman kepada rasul-rasul Allah Swt. dengan cara :
v  Melihat (tanpa atau dengan alat)
Menayangkan gambar/foto/video yang relevan.
v  Mengamati
Ø  Lembar kerja materi Dalil-dalil al-Qur’ān dan hadis tentang beriman kepada rasul-rasul Allah Swt..
Ø  Pemberian contoh-contoh materi Dalil-dalil al-Qur’ān dan hadis tentang beriman kepada rasul-rasul Allah Swt. untuk dapat dikembangkan peserta didik, dari media interaktif, dsb
v  Membaca.
Kegiatan literasi ini dilakukan di rumah dan di sekolah dengan membaca materi dari buku paket atau buku-buku penunjang lain, dari internet/materi yang berhubungan dengan Dalil-dalil al-Qur’ān dan hadis tentang beriman kepada rasul-rasul Allah Swt..
v  Menulis
Menulis resume dari hasil pengamatan dan bacaan terkait Dalil-dalil al-Qur’ān dan hadis tentang beriman kepada rasul-rasul Allah Swt..
v  Mendengar
Pemberian materi Dalil-dalil al-Qur’ān dan hadis tentang beriman kepada rasul-rasul Allah Swt. oleh guru.
v  Menyimak
Penjelasan pengantar kegiatan secara garis besar/global tentang materi pelajaran mengenai materi :
Ø  Dalil-dalil al-Qur’ān dan hadis tentang beriman kepada rasul-rasul Allah Swt.
untuk melatih rasa syukur, kesungguhan dan kedisiplinan, ketelitian, mencari informasi.
Problem
statement
(pertanyaan/
identifikasi
masalah)
CRITICAL THINKING (BERPIKIR KRITIS)
Guru memberikan kesempatan pada peserta didik untuk mengidentifikasi sebanyak mungkin pertanyaan yang berkaitan dengan gambar yang disajikan dan akan dijawab melalui kegiatan belajar, contohnya :
v  Mengajukan pertanyaan tentang materi :
Ø  Dalil-dalil al-Qur’ān dan hadis tentang beriman kepada rasul-rasul Allah Swt.
yang tidak dipahami dari apa yang diamati atau pertanyaan untuk mendapatkan informasi tambahan tentang apa yang diamati (dimulai dari pertanyaan faktual sampai ke pertanyaan yang bersifat hipotetik) untuk mengembangkan kreativitas, rasa ingin tahu, kemampuan merumuskan pertanyaan untuk membentuk pikiran kritis yang perlu untuk hidup cerdas dan belajar sepanjang hayat.

Data
collection
(pengumpulan
data)
KEGIATAN LITERASI
Peserta didik mengumpulkan informasi yang relevan untuk menjawab pertanyan yang telah diidentifikasi melalui kegiatan:
v  Mengamati obyek/kejadian
Mengamati dengan seksama materi Dalil-dalil al-Qur’ān dan hadis tentang beriman kepada rasul-rasul Allah Swt. yang sedang dipelajari dalam bentuk gambar/video/slide presentasi yang disajikan dan mencoba menginterprestasikannya.
v  Membaca sumber lain selain buku teks
Secara disiplin melakukan kegiatan literasi dengan mencari dan membaca berbagai referensi dari berbagai sumber guna menambah pengetahuan dan pemahaman tentang materi Dalil-dalil al-Qur’ān dan hadis tentang beriman kepada rasul-rasul Allah Swt. yang sedang dipelajari.
v  Aktivitas
Menyusun daftar pertanyaan atas hal-hal yang belum dapat dipahami dari kegiatan mengmati dan membaca yang akan diajukan kepada guru berkaitan dengan materi Dalil-dalil al-Qur’ān dan hadis tentang beriman kepada rasul-rasul Allah Swt. yang sedang dipelajari.
v  Wawancara/tanya jawab dengan nara sumber
Mengajukan pertanyaan berkaiatan dengan materi Dalil-dalil al-Qur’ān dan hadis tentang beriman kepada rasul-rasul Allah Swt. yang telah disusun dalam daftar pertanyaan kepada guru.

COLLABORATION (KERJASAMA)
Peserta didik dibentuk dalam beberapa kelompok untuk:
v  Mendiskusikan
Peserta didik dan guru secara bersama-sama membahas contoh dalam buku paket mengenai materi Dalil-dalil al-Qur’ān dan hadis tentang beriman kepada rasul-rasul Allah Swt..
v  Mengumpulkan informasi
Mencatat semua informasi tentang materi Dalil-dalil al-Qur’ān dan hadis tentang beriman kepada rasul-rasul Allah Swt. yang telah diperoleh pada buku catatan dengan tulisan yang rapi dan menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar.
v  Mempresentasikan ulang
Peserta didik mengkomunikasikan secara lisan atau mempresentasikan materi dengan rasa percaya diri Dalil-dalil al-Qur’ān dan hadis tentang beriman kepada rasul-rasul Allah Swt. sesuai dengan pemahamannya.
v  Saling tukar informasi tentang materi :
Ø  Dalil-dalil al-Qur’ān dan hadis tentang beriman kepada rasul-rasul Allah Swt.
dengan ditanggapi aktif oleh peserta didik dari kelompok lainnya sehingga diperoleh sebuah pengetahuan baru yang dapat dijadikan sebagai bahan diskusi kelompok kemudian, dengan menggunakan metode ilmiah yang terdapat pada buku pegangan peserta didik atau pada lembar kerja yang disediakan dengan cermat untuk mengembangkan sikap teliti, jujur, sopan, menghargai pendapat orang lain, kemampuan berkomunikasi, menerapkan kemampuan mengumpulkan informasi melalui berbagai cara yang dipelajari, mengembangkan kebiasaan belajar dan belajar sepanjang hayat.
Data
processing
(pengolahan
Data)
COLLABORATION (KERJASAMA) dan CRITICAL THINKING (BERPIKIR KRITIS)
Peserta didik dalam kelompoknya berdiskusi mengolah data hasil pengamatan dengan cara :
v  Berdiskusi tentang data dari Materi :
Ø  Dalil-dalil al-Qur’ān dan hadis tentang beriman kepada rasul-rasul Allah Swt.
v  Mengolah informasi dari materi Dalil-dalil al-Qur’ān dan hadis tentang beriman kepada rasul-rasul Allah Swt. yang sudah dikumpulkan dari hasil kegiatan/pertemuan sebelumnya mau pun hasil dari kegiatan mengamati dan kegiatan mengumpulkan informasi yang sedang berlangsung dengan bantuan pertanyaan-pertanyaan pada lembar kerja.
v  Peserta didik mengerjakan beberapa soal mengenai materi Dalil-dalil al-Qur’ān dan hadis tentang beriman kepada rasul-rasul Allah Swt..
Verification
(pembuktian)
CRITICAL THINKING (BERPIKIR KRITIS)
Peserta didik mendiskusikan hasil pengamatannya dan memverifikasi hasil pengamatannya dengan data-data atau teori pada buku sumber melalui kegiatan :
v  Menambah keluasan dan kedalaman sampai kepada pengolahan informasi yang bersifat mencari solusi dari berbagai sumber yang memiliki pendapat yang berbeda sampai kepada yang bertentangan untuk mengembangkan sikap jujur, teliti, disiplin, taat aturan, kerja keras, kemampuan menerapkan prosedur dan kemampuan berpikir induktif serta deduktif dalam membuktikan tentang materi :
Ø  Dalil-dalil al-Qur’ān dan hadis tentang beriman kepada rasul-rasul Allah Swt.
antara lain dengan : Peserta didik dan guru secara bersama-sama membahas jawaban soal-soal yang telah dikerjakan oleh peserta didik.

Generalization
(menarik
kesimpulan)
COMMUNICATION (BERKOMUNIKASI)
Peserta didik berdiskusi untuk menyimpulkan
v  Menyampaikan hasil diskusi  tentang materi Dalil-dalil al-Qur’ān dan hadis tentang beriman kepada rasul-rasul Allah Swt. berupa kesimpulan berdasarkan hasil analisis secara lisan, tertulis, atau media lainnya untuk mengembangkan sikap jujur, teliti, toleransi, kemampuan berpikir sistematis, mengungkapkan pendapat dengan sopan.
v  Mempresentasikan hasil diskusi kelompok secara klasikal tentang materi :
Ø  Dalil-dalil al-Qur’ān dan hadis tentang beriman kepada rasul-rasul Allah Swt.
v  Mengemukakan  pendapat  atas presentasi yang dilakukan tentanag materi Dalil-dalil al-Qur’ān dan hadis tentang beriman kepada rasul-rasul Allah Swt. dan ditanggapi oleh kelompok yang mempresentasikan.
v  Bertanya atas presentasi tentang materi Dalil-dalil al-Qur’ān dan hadis tentang beriman kepada rasul-rasul Allah Swt. yang dilakukan dan peserta didik lain diberi kesempatan  untuk menjawabnya.

CREATIVITY (KREATIVITAS)
v  Menyimpulkan tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran yang baru dilakukan berupa :
Laporan hasil pengamatan secara tertulis tentang materi :
Ø  Dalil-dalil al-Qur’ān dan hadis tentang beriman kepada rasul-rasul Allah Swt.
v  Menjawab pertanyaan tentang materi Dalil-dalil al-Qur’ān dan hadis tentang beriman kepada rasul-rasul Allah Swt. yang terdapat pada buku pegangan peserta didik atau lembar kerja yang telah disediakan.
v  Bertanya tentang hal yang belum dipahami, atau guru melemparkan beberapa pertanyaan kepada siswa berkaitan dengan materi Dalil-dalil al-Qur’ān dan hadis tentang beriman kepada rasul-rasul Allah Swt. yang akan selesai dipelajari
v  Menyelesaikan uji kompetensi untuk materi Dalil-dalil al-Qur’ān dan hadis tentang beriman kepada rasul-rasul Allah Swt. yang terdapat pada buku pegangan peserta didik atau pada lembar lerja yang telah disediakan secara individu untuk mengecek penguasaan siswa terhadap materi pelajaran.
Catatan : Selama pembelajaran Dalil-dalil al-Qur’ān dan hadis tentang beriman kepada rasul-rasul Allah Swt. berlangsung, guru mengamati sikap siswa dalam pembelajaran yang meliputi sikap: nasionalisme,  disiplin, rasa percaya diri, berperilaku jujur, tangguh menghadapi masalah tanggungjawab, rasa ingin tahu, peduli lingkungan
Kegiatan Penutup (15 Menit)
Peserta didik :
v  Membuat resume (CREATIVITY) dengan bimbingan guru tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran tentang materi Dalil-dalil al-Qur’ān dan hadis tentang beriman kepada rasul-rasul Allah Swt. yang baru dilakukan.
v  Mengagendakan pekerjaan rumah untuk materi pelajaran Dalil-dalil al-Qur’ān dan hadis tentang beriman kepada rasul-rasul Allah Swt. yang baru diselesaikan.
v  Mengagendakan materi atau tugas projek/produk/portofolio/unjuk kerja yang harus mempelajarai pada pertemuan berikutnya di luar jam sekolah atau dirumah.
Guru :
v  Memeriksa pekerjaan siswa  yang selesai  langsung diperiksa untuk materi pelajaran Dalil-dalil al-Qur’ān dan hadis tentang beriman kepada rasul-rasul Allah Swt..
v  Peserta didik yang  selesai mengerjakan tugas projek/produk/portofolio/unjuk kerja dengan benar diberi paraf serta diberi nomor urut peringkat,  untuk penilaian tugas projek/produk/portofolio/unjuk kerja pada materi pelajaran Dalil-dalil al-Qur’ān dan hadis tentang beriman kepada rasul-rasul Allah Swt..
v  Memberikan penghargaan untuk materi pelajaran Dalil-dalil al-Qur’ān dan hadis tentang beriman kepada rasul-rasul Allah Swt. kepada kelompok yang memiliki kinerja dan kerjasama yang baik.





2 . Pertemuan Kedua (3 x 45 Menit)
Kegiatan Pendahuluan (15 Menit)
Guru :
Orientasi
v  Melakukan pembukaan dengan salam pembuka, memanjatkan syukur kepada Tuhan YME dan berdoa  untuk  memulai pembelajaran
v  Memeriksa kehadiran peserta didik sebagai sikap disiplin
v  Menyiapkan fisik dan psikis peserta didik  dalam mengawali kegiatan pembelajaran.
Aperpepsi
v  Mengaitkan materi/tema/kegiatan pembelajaran yang akan dilakukan dengan pengalaman peserta didik dengan materi/tema/kegiatan sebelumnya
v  Mengingatkan kembali materi prasyarat dengan bertanya.
v  Mengajukan pertanyaan yang ada keterkaitannya dengan pelajaran yang akan dilakukan.
Motivasi
v  Memberikan gambaran tentang manfaat mempelajari pelajaran yang akan dipelajari dalam kehidupan sehari-hari.
v  Apabila materitema/projek ini kerjakan  dengan baik dan sungguh-sungguh ini dikuasai dengan baik, maka peserta didik diharapkan dapat menjelaskan tentang materi :
Ø  Muhammad SAW. sebagai penutup para nabi
v  Menyampaikan tujuan pembelajaran pada pertemuan yang  berlangsung
v  Mengajukan pertanyaan
Pemberian Acuan
v  Memberitahukan  materi pelajaran yang akan dibahas pada pertemuan saat itu.
v  Memberitahukan tentang kompetensi inti, kompetensi dasar, indikator, dan KKM pada pertemuan yang  berlangsung
v  Pembagian kelompok belajar
v  Menjelaskan mekanisme pelaksanaan pengalaman belajar  sesuai dengan langkah-langkah pembelajaran.
Kegiatan Inti ( 105 Menit )
Sintak Model Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Stimulation
(stimulasi/
pemberian
rangsangan)
KEGIATAN LITERASI
Peserta didik diberi motivasi atau rangsangan untuk memusatkan perhatian pada topik materi Muhammad SAW. sebagai penutup para nabi dengan cara :
v  Melihat (tanpa atau dengan Alat)
Menayangkan gambar/foto/video yang relevan.
v  Mengamati
Ø  Lembar kerja materi Muhammad SAW. sebagai penutup para nabi.
Ø  Pemberian contoh-contoh materi Muhammad SAW. sebagai penutup para nabi untuk dapat dikembangkan peserta didik, dari media interaktif, dsb
v  Membaca.
Kegiatan literasi ini dilakukan di rumah dan di sekolah dengan membaca materi dari buku paket atau buku-buku penunjang lain, dari internet/materi yang berhubungan dengan Muhammad SAW. sebagai penutup para nabi.
v  Menulis
Menulis resume dari hasil pengamatan dan bacaan terkait Muhammad SAW. sebagai penutup para nabi.
v  Mendengar
Pemberian materi Muhammad SAW. sebagai penutup para nabi oleh guru.
v  Menyimak
Penjelasan pengantar kegiatan secara garis besar/global tentang materi pelajaran mengenai materi :
Ø  Muhammad SAW. sebagai penutup para nabi
untuk melatih rasa syukur, kesungguhan dan kedisiplinan, ketelitian, mencari informasi.
Problem
statement
(pertanyaan/
identifikasi
masalah)
CRITICAL THINKING (BERPIKIR KRITIS)
Guru memberikan kesempatan pada peserta didik untuk mengidentifikasi sebanyak mungkin pertanyaan yang berkaitan dengan gambar yang disajikan dan akan dijawab melalui kegiatan belajar, contohnya :

v  Mengajukan pertanyaan tentang materi :
Ø  Muhammad SAW. sebagai penutup para nabi
yang tidak dipahami dari apa yang diamati atau pertanyaan untuk mendapatkan informasi tambahan tentang apa yang diamati (dimulai dari pertanyaan faktual sampai ke pertanyaan yang bersifat hipotetik) untuk mengembangkan kreativitas, rasa ingin tahu, kemampuan merumuskan pertanyaan untuk membentuk pikiran kritis yang perlu untuk hidup cerdas dan belajar sepanjang hayat.
Data
collection
(pengumpulan
data)
KEGIATAN LITERASI
Peserta didik mengumpulkan informasi yang relevan untuk menjawab pertanyan yang telah diidentifikasi melalui kegiatan:
v  Mengamati obyek/kejadian
Mengamati dengan seksama materi Muhammad SAW. sebagai penutup para nabi yang sedang dipelajari dalam bentuk gambar/video/slide presentasi yang disajikan dan mencoba menginterprestasikannya.
v  Membaca sumber lain selain buku teks
Secara disiplin melakukan kegiatan literasi dengan mencari dan membaca berbagai referensi dari berbagai sumber guna menambah pengetahuan dan pemahaman tentang materi Muhammad SAW. sebagai penutup para nabi yang sedang dipelajari.
v  Aktivitas
Menyusun daftar pertanyaan atas hal-hal yang belum dapat dipahami dari kegiatan mengmati dan membaca yang akan diajukan kepada guru berkaitan dengan materi Muhammad SAW. sebagai penutup para nabi yang sedang dipelajari.
v  Wawancara/tanya jawab dengan nara sumber
Mengajukan pertanyaan berkaiatan dengan materi Muhammad SAW. sebagai penutup para nabi yang telah disusun dalam daftar pertanyaan kepada guru.

COLLABORATION (KERJASAMA)
Peserta didik dibentuk dalam beberapa kelompok untuk:
v  Mendiskusikan
Peserta didik dan guru secara bersama-sama membahas contoh dalam buku paket mengenai materi Muhammad SAW. sebagai penutup para nabi.
v  Mengumpulkan informasi
Mencatat semua informasi tentang materi Muhammad SAW. sebagai penutup para nabi yang telah diperoleh pada buku catatan dengan tulisan yang rapi dan menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar
v  Mempresentasikan ulang
Peserta didik mengkomunikasikan secara lisan atau mempresentasikan materi dengan rasa percaya diri Muhammad SAW. sebagai penutup para nabi sesuai dengan pemahamannya.
v  Saling tukar informasi tentang materi :
Ø  Muhammad SAW. sebagai penutup para nabi
dengan ditanggapi aktif oleh peserta didik dari kelompok lainnya sehingga diperoleh sebuah pengetahuan baru yang dapat dijadikan sebagai bahan diskusi kelompok kemudian, dengan menggunakan metode ilmiah yang terdapat pada buku pegangan peserta didik atau pada lembar kerja yang disediakan dengan cermat untuk mengembangkan sikap teliti, jujur, sopan, menghargai pendapat orang lain, kemampuan berkomunikasi, menerapkan kemampuan mengumpulkan informasi melalui berbagai cara yang dipelajari, mengembangkan kebiasaan belajar dan belajar sepanjang hayat.
Data
processing
(pengolahan
Data)
COLLABORATION (KERJASAMA) dan CRITICAL THINKING (BERPIKIR KRITIS)
Peserta didik dalam kelompoknya berdiskusi mengolah data hasil pengamatan dengan cara :
v  Berdiskusi tentang data dari Materi :
Ø  Muhammad SAW. sebagai penutup para nabi
v  Mengolah informasi dari materi Muhammad SAW. sebagai penutup para nabi yang sudah dikumpulkan dari hasil kegiatan/pertemuan sebelumnya mau pun hasil dari kegiatan mengamati dan kegiatan mengumpulkan informasi yang sedang berlangsung dengan bantuan pertanyaan-pertanyaan pada lembar kerja.
v  Peserta didik mengerjakan beberapa soal mengenai materi Muhammad SAW. sebagai penutup para nabi.
Verification
(pembuktian)
CRITICAL THINKING (BERPIKIR KRITIS)
Peserta didik mendiskusikan hasil pengamatannya dan memverifikasi hasil pengamatannya dengan data-data atau teori pada buku sumber melalui kegiatan :
v  Menambah keluasan dan kedalaman sampai kepada pengolahan informasi yang bersifat mencari solusi dari berbagai sumber yang memiliki pendapat yang berbeda sampai kepada yang bertentangan untuk mengembangkan sikap jujur, teliti, disiplin, taat aturan, kerja keras, kemampuan menerapkan prosedur dan kemampuan berpikir induktif serta deduktif dalam membuktikan tentang materi :
Ø  Muhammad SAW. sebagai penutup para nabi
antara lain dengan : Peserta didik dan guru secara bersama-sama membahas jawaban soal-soal yang telah dikerjakan oleh peserta didik.
Generalization
(menarik
kesimpulan)
COMMUNICATION (BERKOMUNIKASI)
Peserta didik berdiskusi untuk menyimpulkan
v  Menyampaikan hasil diskusi  tentang materi Muhammad SAW. sebagai penutup para nabi berupa kesimpulan berdasarkan hasil analisis secara lisan, tertulis, atau media lainnya untuk mengembangkan sikap jujur, teliti, toleransi, kemampuan berpikir sistematis, mengungkapkan pendapat dengan sopan.
v  Mempresentasikan hasil diskusi kelompok secara klasikal tentang materi :
Ø  Muhammad SAW. sebagai penutup para nabi
v  Mengemukakan  pendapat  atas presentasi yang dilakukan tentanag materi Muhammad SAW. sebagai penutup para nabi dan ditanggapi oleh kelompok yang mempresentasikan.
v  Bertanya atas presentasi tentang materi Muhammad SAW. sebagai penutup para nabi yang dilakukan dan peserta didik lain diberi kesempatan  untuk menjawabnya.

CREATIVITY (KREATIVITAS)
v  Menyimpulkan tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran yang baru dilakukan berupa :
Laporan hasil pengamatan secara tertulis tentang materi :
Ø  Muhammad SAW. sebagai penutup para nabi
v  Menjawab pertanyaan tentang materi Muhammad SAW. sebagai penutup para nabi yang terdapat pada buku pegangan peserta didik atau lembar kerja yang telah disediakan.
v  Bertanya tentang hal yang belum dipahami, atau guru melemparkan beberapa pertanyaan kepada siswa berkaitan dengan materi Muhammad SAW. sebagai penutup para nabi yang akan selesai dipelajari
v  Menyelesaikan uji kompetensi untuk materi Muhammad SAW. sebagai penutup para nabi yang terdapat pada buku pegangan peserta didik atau pada lembar lerja yang telah disediakan secara individu untuk mengecek penguasaan siswa terhadap materi pelajaran.
Catatan : Selama pembelajaran Muhammad SAW. sebagai penutup para nabi berlangsung, guru mengamati sikap siswa dalam pembelajaran yang meliputi sikap: nasionalisme,  disiplin, rasa percaya diri, berperilaku jujur, tangguh menghadapi masalah tanggungjawab, rasa ingin tahu, peduli lingkungan
Kegiatan Penutup (15 Menit)
Peserta didik :
v  Membuat resume (CREATIVITY) dengan bimbingan guru tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran tentang materi Muhammad SAW. sebagai penutup para nabi yang baru dilakukan.
v  Mengagendakan pekerjaan rumah untuk materi pelajaran Muhammad SAW. sebagai penutup para nabi yang baru diselesaikan.
v  Mengagendakan materi atau tugas projek/produk/portofolio/unjuk kerja yang harus mempelajarai pada pertemuan berikutnya di luar jam sekolah atau dirumah.
Guru :
v  Memeriksa pekerjaan siswa  yang selesai  langsung diperiksa untuk materi pelajaran Muhammad SAW. sebagai penutup para nabi.
v  Peserta didik yang  selesai mengerjakan tugas projek/produk/portofolio/unjuk kerja dengan benar diberi paraf serta diberi nomor urut peringkat,  untuk penilaian tugas projek/produk/portofolio/unjuk kerja pada materi pelajaran Muhammad SAW. sebagai penutup para nabi.
v  Memberikan penghargaan untuk materi pelajaran Muhammad SAW. sebagai penutup para nabi kepada kelompok yang memiliki kinerja dan kerjasama yang baik.


I.       Penilaian Proses dan Hasil Pembelajaran
1.      Teknik Penilaian
a.      Sikap                     : Observasi dan Jurnal
b.      Pengetahuan         : Tes Tertulis
c.       Keterampilan        : Uunjuk kerja

2.      Bentuk Penilaian
a.    Sikap                 : Lembar Observasi Sikap (Lampiran 1) dan Penilaian Diri (Lampiran 2)
b.    Pengetahuan     : Pilihan ganda (Lampiran 3) dan Uraian/esai (Lampiran 4)
c.    Keterampilan    : Rubrik Membaca dengan Tartil dan Hafalan (Lampiran 5)

3.      Pembelajaran Remedial dan Pengayaan
a.      Remedial
v  Remedial dapat diberikan kepada peserta didik yang belum mencapai KKM. Remidial terdiri atas dua bagian : remedial karena belum mencapai KKM dan remedial karena belum mencapai Kompetensi Dasar.
v  Bila peserta didik setelah dilakukan penilaian nyata ada yang belum menguasai materi meneladani rasul-rasul Allah Swt. (belum mencapai KKM), maka guru melakukan remedial teaching kemudian melakukan penilaian kembali dengan soal yang sejenis atau soal lain yang tetap mengacu pada KD yang belum dikuasai dengan baik oleh peserta didik. Remedial dilaksanakan pada waktu dan hari tertentu yang disesuaikan dengan situasi dan kondisi, seperti: pada saat kegiatan pembelajaran atau di luar jam pelajaran (tekniknya dapat dimusyawarahkan dengan peserta didik yang bersangkutan).

b.      Pengayaan
v  Pengayaan diberikan untuk menambah wawasan peserta didik mengenai materi pembelajaran yang dapat diberikan kepada peserta didik yang telah tuntas mencapai KKM atau mencapai Kompetensi Dasar.
v  Pengayaan dapat ditagihkan atau tidak ditagihkan, sesuai kesepakatan dengan peserta didik.
v  Direncanakan berdasarkan IPK atau materi pembelajaran yang membutuhkan pengembangan lebih luas misalnya :
ª  Dalam kegiatan pembelajaran, bagi peserta didik yang sudah menguasai materi meneladani rasul-rasul Allah Swt. dengan baik dan telah memperoleh nilai yang memuaskan (sangat baik), peserta didik diberikan tugas menelaah mengenai sejarah rasul-rasul Allah Swt. di perpustakaan dengan membaca buku Ensklopedi Islam atau referensi lainnya, kemudian peserta didik membuat resume dari naskah yang dibaca/diamati. (Guru mencatat dan memberikan tambahan nilai bagi peserta didik yang berhasil dalam pengayaan).
  
Catatan:

________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________ 


Mengetahui:
Banguntapan,     Juli 2019
Kepala Sekolah,
Guru Mata Pelajaran,





Drs. Ir. JOKO KUSTANTA, M.Pd
NIP. 19660913 199103 1 004
AHMAD AMALI KURNIAWAN, M.Pd.I
NIP. 19830129 200903 1 005

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Informasi Guru

Workshop Online SAGUSABLOG (Satu Guru Satu Blog) GRATIS

Asyiknya Mengikuti Workshop Online SAGUSABLOG SAGUSABLOG merupakan salah satu kegiatan yang diprakarsai Ikatan Guru Indonesia (IGI) ...