RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan
Pendidikan : SMA Negeri 1 Banguntapan
Mata
Pelajaran : Pendidikan
Agama Islam dan Budi Pekerti
Program
Keahlian : Semua Program (MIPA/IPS)
Tahun
Pelajaran : 2019/2020
Kelas/Semester
: XI / Genap
Materi
Pokok : Iman kepada
Rasul-rasul Allah Swt.
Alokasi
Waktu : 3 Minggu x 3 Jam
Pelajaran @45 Menit
A.
Kompetensi Inti
·
KI-1: Menghayati
dan mengamalkan
ajaran agama yang dianutnya.
·
KI-2: Menunjukkan perilaku jujur, disiplin,
tanggung jawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun,
responsif dan pro-aktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas
berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan
sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam
pergaulan dunia.
·
KI-3: Memahami, menerapkan, menganalisis dan mengevaluasi pengetahuan faktual, konseptual,
prosedural, dan metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu
pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan,
kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian,
serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai
dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.
·
KI-4: Mengolah, menalar, dan menyaji dalam
ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang
dipelajarinya di sekolah secara mandiri, bertindak secara efektif dan kreatif,
serta mampu menggunakan metoda sesuai kaidah
keilmuan.
B.
Kompetensi Dasar dan
Indikator Pencapaian Kompetensi (IPK) :
Kompetensi
Dasar
|
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
||
1.4
|
Meyakini adanya
rasul-rasul Allah Swt.
|
1.4.1
|
Menerima adanya
rasul-rasul Allah Swt
|
1.4.2
|
Meyakini keberadaan rasul-rasul Allah Swt dan kebenaran ajaran
syariat Islam.
|
||
2.4
|
Menunjukkan perilaku
saling menolong sebagai cerminan beriman kepada rasul-rasul Allah Swt.
|
2.4.1
|
Memilih sikap dan perilaku saling menolong sebagai cerminan beriman
kepada rasul-rasul Allah Swt.
|
2.4.2
|
Membangun
sikap dan perilaku saling menolong sebagai cerminan beriman kepada
rasul-rasul Allah Swt.
|
||
2.4.3
|
Menunjukan
sikap dan perilaku saling menolong, disiplin, jujur dan bertanggungjawab,
sebagai implementasi beriman kepada rasul-rasul Allah Swt.
|
||
3.4
|
Menganalisis makna iman
kepada rasul-rasul Allah Swt.
|
3.4.1
|
Menjelaskan pengertian beriman kepada rasul-rasul Allah Swt.
|
3.4.2
|
Menjelaskan kandungan dalil naqli tentang iman kepada rasul-rasul
Allah Swt.
|
||
3.4.3
|
Membedakan pengertian nabi dan rasul
|
||
3.4.4
|
Menjelaskan nama-nama rasul-rasul Allah Swt. yang wajib diimani
beserta sejarahnya
|
||
3.4.5
|
Menjelaskan sifat-sifat rasul
|
||
3.4.6
|
Menunjukkan tanda-tanda orang yang beriman kepada rasul-rasul
Allah
|
||
3.4.7
|
Menyimpulkan hikmah dan manfaat beriman kepada rasul-rasul
Allah
|
||
4.4
|
Menyajikan hubungan
antara iman kepada rasul-rasul Allah Swt. dengan keteguhan dalam bertauhid,
toleransi, ketaatan, dan kecintaan kepada Allah
|
4.4.1
|
Mengidentifikasi perilaku orang yang beriman kepada rasul-rasul Allah
|
4.4.2
|
Merumuskan hubungan antara beriman kepada rasul-rasul Allah Swt.,
dengan
keteguhan dalam bertauhid, toleransi, ketaatan, dan kecintaan kepada Allah
|
||
4.4.3
|
Mempresentasikan keterkaitan antara beriman kepada rasul-rasul Allah
Swt., dengan keteguhan dalam bertauhid, toleransi, ketaatan, dan
kecintaan kepada Allah
|
C.
Tujuan
Pembelajaran :
Melalui model pembelajaran Discovery
Learning, peserta didik diharapkan dapat:
menganalisis makna iman kepada
rasul-rasul Allah Swt.; menyajikan keterkaitan antara beriman kepada rasul-rasul Allah
Swt. dengan keteguhan dalam bertauhid, toleransi, ketaatan, dan kecintaan
kepada Allah; meyakini adanya rasul-rasul Allah Swt. sebagai utusan-Nya kepada umat manusia, dan menunjukkan perilaku saling menolong sebagai cerminan
beriman kepada rasul-rasul Allah Swt. dalam kehidupan sehari-hari.
Berdasarkan IPK di atas, maka tujuan pembelajaran yaitu:
Pertemuan 1
1. Setelah
menggali informasi dan berdiskusi, peserta didik dapat lebih meyakini keberadaan
rasul-rasul Allah sebagai utusan-Nya kepada umat manusia.
2. Melalui
kegiatan yang telah dilakukan, peserta didik dapat menunjukkan sikap dan
perilaku saling menolong sebagai cerminan beriman kepada rasul-rasul Allah Swt
secara bertanggungjawab dalam kehidupan sehari-hari.
3. Setelah
menggali informasi dan berdiskusi, peserta didik dapat: menjelaskan makna iman
kepada rasul-rasul Allah Swt.; menyebutkan dalil naqli tentang beriman kepada rasul-rasul Allah Swt.; membedakan
pengertian nabi dan rasul; menyebutkan nama-nama rasul-rasul Allah Swt. yang
wajib diimani beserta sejarahnya; dan menjelaskan sifat-sifat rasul.
Pertemuan 2
1.
Setelah berdiskusi dan menggali informasi,
peserta didik dapat menunjukkan
tanda-tanda orang yang beriman kepada rasul-rasul Allah dan menyimpulkan hikmah
beriman kepada rasul-rasul Allah Swt.
2.
Setelah membuat
rangkuman tokoh inspiratif yang memiliki keimanan yang teguh terhadap
adanya rasul-rasul Allah Swt.,
peserta didik dapat mengidentifikasi perilaku orang yang beriman kepada
rasul-rasul Allah
dan mempresentasikan/memformulasikan
keterkaitan antara beriman kepada rasul-rasul Allah Swt., dengan keteguhan
dalam bertauhid, toleransi, ketaatan, dan kecintaan kepada Allah dalam
kehidupan sehari-hari.
D.
Materi Pembelajaran
v Fakta:
Deskripsi
tentang iman kepada Rasul-rasul dan Nabi utusan Allah Swt.
v Konsep:
1.
Pengertian Iman
kepada Rasul-rasul Allah Swt.
2.
Ayat-ayat yang berkaitan dengan
iman kepada Rasul-rasul dan Nabi utusan Allah Swt.
3.
Sikap mengimani Rasul Allah; Menampilkan sikap sidiq, amanah, tabligh dan fathonah
sebagai refleksi dari iman kepada Rasul-rasul Allah Swt
4.
Hikmah yang
diperoleh dari beriman kepada Rasul-rasul Allah Swt
v Prosedural: Cara meyakini dan menerapkan iman kepada Rasul-rasul
Allah Swt dalam kehidupan sehari-hari, termasuk keteladanan Rasulullah Saw
sebagai uswatun hasanah dan Rasul Penutup (khatamul-anbiya’)
v Metakognitif:
1.
Hubungan antara iman kepada rasul-rasul Allah Swt. dengan keteguhan
dalam bertauhid, toleransi, ketaatan, dan kecintaan kepada Allah Swt.
2.
Dampak positif dari perilaku beriman kepada
Rasul-rasul Allah Swt.
E.
Metode Pembelajaran
1) Pendekatan
: Saintifik
2) Model Pembelajaran : Discovery Learning (DL)
3) Metode :
Tanya jawab dan diskusi kelompok
F.
Media Pembelajaran
Media:
· Laptop dan LCD projector
· Bahan Tayang VCD Pembelajaran, Power point dan media audio visual lainnya
· Mushaf
Al-Qur’an
Alat/Bahan :
·
Spidol, papan tulis white board, Lembar
kerja (siswa) dan Lembar penilaian
G.
Sumber
Belajar
·
Depag RI, Al-Qur’an dan
terjemahannya
· Buku Siswa PAI dan Budi Pekerti SMA/MA/SMK/ MAK Kelas XI
(Kemendikbud RI, Edisi Revisi 2017)
· Sadi dan M. Nasikin, Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti
untuk SMA Kelas XI, (Jakarta: Penerbit Erlangga, 2017)
· MGMP PAI SMA Kabupaten Bantul, Modul Pembelajaran PAI dan Budi Pekerti Kelas XI
Semester II
·
Multimedia
pembelajaran interaktif
·
Internet, Kitab Tafsir (al-Maraghi,
Jalalain, dll), Kitab Hadits Kutubussittah
H. Langkah-langkah Pembelajaran:
1 . Pertemuan Pertama (3 x 45 Menit)
|
||||||||||||||
Kegiatan Pendahuluan (15 Menit)
|
||||||||||||||
Guru :
Orientasi
v Melakukan
pembukaan dengan salam pembuka,
memanjatkan syukur kepada Tuhan YME dan berdoa
untuk memulai pembelajaran
v Memeriksa
kehadiran peserta didik sebagai sikap disiplin
v Menyiapkan
fisik dan psikis peserta didik dalam
mengawali kegiatan pembelajaran.
Aperpepsi
v Mengaitkan
materi/tema/kegiatan pembelajaran yang akan dilakukan dengan pengalaman
peserta didik dengan materi/tema/kegiatan sebelumnya
v Mengingatkan
kembali materi prasyarat dengan bertanya.
v Mengajukan
pertanyaan yang ada keterkaitannya dengan pelajaran yang akan dilakukan.
Motivasi
v Memberikan
gambaran tentang manfaat mempelajari pelajaran yang akan dipelajari dalam
kehidupan sehari-hari.
v Apabila
materi tema/projek ini kerjakan dengan
baik dan sungguh-sungguh ini dikuasai dengan baik, maka peserta didik
diharapkan dapat menjelaskan tentang materi :
§ Pengertian Iman kepada Rasul-rasul Allah Swt
§ Ayat-ayat
yang berkaitan dengan iman kepada Rasul-rasul dan Nabi utusan Allah Swt.
§ Sikap mengimani Rasul Allah; Menampilkan sikap sidiq, amanah,
tabligh dan fathonah
sebagai refleksi dari iman kepada Rasul-rasul Allah Swt.
§ Hikmah yang diperoleh dari beriman kepada Rasul-rasul Allah Swt
v Menyampaikan
tujuan pembelajaran pada pertemuan yang berlangsung
v Mengajukan
pertanyaan
Pemberian
Acuan
v Memberitahukan materi pelajaran yang akan dibahas pada
pertemuan saat itu.
v Memberitahukan
tentang kompetensi inti, kompetensi dasar, indikator, dan KKM pada pertemuan
yang berlangsung
v Pembagian
kelompok belajar
v Menjelaskan
mekanisme pelaksanaan pengalaman belajar
sesuai dengan langkah-langkah pembelajaran.
|
||||||||||||||
Kegiatan Inti ( 105 Menit )
|
||||||||||||||
|
||||||||||||||
Catatan : Selama pembelajaran Dalil-dalil al-Qur’ān dan hadis tentang
beriman kepada rasul-rasul Allah Swt. berlangsung, guru mengamati sikap
siswa dalam pembelajaran yang meliputi sikap: nasionalisme, disiplin, rasa percaya diri, berperilaku
jujur, tangguh menghadapi masalah tanggungjawab, rasa ingin tahu, peduli
lingkungan
|
||||||||||||||
Kegiatan Penutup (15 Menit)
|
||||||||||||||
Peserta didik
:
v Membuat
resume (CREATIVITY) dengan bimbingan guru tentang point-point penting yang muncul dalam
kegiatan pembelajaran tentang materi Dalil-dalil
al-Qur’ān dan hadis tentang beriman kepada rasul-rasul Allah Swt. yang
baru dilakukan.
v Mengagendakan
pekerjaan rumah untuk materi pelajaran Dalil-dalil
al-Qur’ān dan hadis tentang beriman kepada rasul-rasul Allah Swt. yang
baru diselesaikan.
v Mengagendakan
materi atau tugas projek/produk/portofolio/unjuk kerja yang harus
mempelajarai pada pertemuan berikutnya di luar jam sekolah atau dirumah.
Guru :
v Memeriksa
pekerjaan siswa yang selesai langsung diperiksa untuk materi pelajaran Dalil-dalil al-Qur’ān dan hadis tentang
beriman kepada rasul-rasul Allah Swt..
v Peserta
didik yang selesai mengerjakan tugas
projek/produk/portofolio/unjuk kerja dengan benar diberi paraf serta diberi
nomor urut peringkat, untuk penilaian
tugas projek/produk/portofolio/unjuk kerja pada materi pelajaran Dalil-dalil al-Qur’ān dan hadis tentang
beriman kepada rasul-rasul Allah Swt..
v Memberikan
penghargaan untuk materi pelajaran Dalil-dalil
al-Qur’ān dan hadis tentang beriman kepada rasul-rasul Allah Swt. kepada
kelompok yang memiliki kinerja dan kerjasama yang baik.
|
2 . Pertemuan Kedua (3 x 45 Menit)
|
||||||||||||||
Kegiatan Pendahuluan (15 Menit)
|
||||||||||||||
Guru :
Orientasi
v Melakukan
pembukaan dengan salam pembuka,
memanjatkan syukur kepada Tuhan YME dan berdoa
untuk memulai pembelajaran
v Memeriksa
kehadiran peserta didik sebagai sikap disiplin
v Menyiapkan
fisik dan psikis peserta didik dalam
mengawali kegiatan pembelajaran.
Aperpepsi
v Mengaitkan
materi/tema/kegiatan pembelajaran yang akan dilakukan dengan pengalaman
peserta didik dengan materi/tema/kegiatan sebelumnya
v Mengingatkan
kembali materi prasyarat dengan bertanya.
v Mengajukan
pertanyaan yang ada keterkaitannya dengan pelajaran yang akan dilakukan.
Motivasi
v Memberikan
gambaran tentang manfaat mempelajari pelajaran yang akan dipelajari dalam
kehidupan sehari-hari.
v Apabila
materitema/projek ini kerjakan dengan
baik dan sungguh-sungguh ini dikuasai dengan baik, maka peserta didik
diharapkan dapat menjelaskan tentang materi :
Ø Muhammad SAW. sebagai penutup
para nabi
v Menyampaikan
tujuan pembelajaran pada pertemuan yang
berlangsung
v Mengajukan
pertanyaan
Pemberian
Acuan
v Memberitahukan materi pelajaran yang akan dibahas pada
pertemuan saat itu.
v Memberitahukan
tentang kompetensi inti, kompetensi dasar, indikator, dan KKM pada pertemuan
yang berlangsung
v Pembagian
kelompok belajar
v Menjelaskan
mekanisme pelaksanaan pengalaman belajar
sesuai dengan langkah-langkah pembelajaran.
|
||||||||||||||
Kegiatan Inti ( 105 Menit )
|
||||||||||||||
|
||||||||||||||
Catatan : Selama pembelajaran Muhammad SAW. sebagai penutup para nabi berlangsung,
guru mengamati sikap siswa dalam pembelajaran yang meliputi sikap: nasionalisme, disiplin, rasa percaya diri, berperilaku
jujur, tangguh menghadapi masalah tanggungjawab, rasa ingin tahu, peduli
lingkungan
|
||||||||||||||
Kegiatan Penutup (15 Menit)
|
||||||||||||||
Peserta didik :
v Membuat
resume (CREATIVITY) dengan bimbingan guru tentang point-point penting yang muncul dalam
kegiatan pembelajaran tentang materi Muhammad
SAW. sebagai penutup para nabi yang baru dilakukan.
v Mengagendakan
pekerjaan rumah untuk materi pelajaran Muhammad
SAW. sebagai penutup para nabi yang baru diselesaikan.
v Mengagendakan
materi atau tugas projek/produk/portofolio/unjuk kerja yang harus
mempelajarai pada pertemuan berikutnya di luar jam sekolah atau dirumah.
Guru :
v Memeriksa
pekerjaan siswa yang selesai langsung diperiksa untuk materi pelajaran Muhammad SAW. sebagai penutup para nabi.
v Peserta
didik yang selesai mengerjakan tugas
projek/produk/portofolio/unjuk kerja dengan benar diberi paraf serta diberi
nomor urut peringkat, untuk penilaian
tugas projek/produk/portofolio/unjuk kerja pada materi pelajaran Muhammad SAW. sebagai penutup para nabi.
v Memberikan
penghargaan untuk materi pelajaran Muhammad
SAW. sebagai penutup para nabi kepada kelompok yang memiliki kinerja dan
kerjasama yang baik.
|
I.
Penilaian Proses dan Hasil Pembelajaran
1.
Teknik
Penilaian
a.
Sikap :
Observasi dan Jurnal
b.
Pengetahuan
: Tes Tertulis
c.
Keterampilan : Uunjuk kerja
2.
Bentuk Penilaian
a.
Sikap : Lembar
Observasi Sikap (Lampiran 1) dan Penilaian Diri (Lampiran 2)
b.
Pengetahuan
: Pilihan ganda (Lampiran 3) dan Uraian/esai (Lampiran 4)
c.
Keterampilan : Rubrik
Membaca dengan Tartil dan Hafalan (Lampiran 5)
3.
Pembelajaran Remedial dan
Pengayaan
a. Remedial
v
Remedial
dapat diberikan kepada peserta didik yang belum mencapai KKM. Remidial terdiri
atas dua bagian : remedial karena belum mencapai KKM dan remedial karena belum
mencapai Kompetensi Dasar.
v
Bila peserta
didik setelah dilakukan penilaian nyata ada yang belum menguasai materi
meneladani rasul-rasul Allah Swt. (belum mencapai KKM), maka guru melakukan
remedial teaching kemudian melakukan penilaian kembali dengan soal yang sejenis
atau soal lain yang tetap mengacu pada KD yang belum dikuasai dengan baik oleh
peserta didik. Remedial dilaksanakan pada waktu dan hari tertentu yang
disesuaikan dengan situasi dan kondisi, seperti: pada saat kegiatan
pembelajaran atau di luar jam pelajaran (tekniknya dapat dimusyawarahkan dengan
peserta didik yang bersangkutan).
b. Pengayaan
v
Pengayaan
diberikan untuk menambah wawasan peserta didik mengenai materi pembelajaran
yang dapat diberikan kepada peserta didik yang telah tuntas mencapai KKM atau
mencapai Kompetensi Dasar.
v
Pengayaan
dapat ditagihkan atau tidak ditagihkan, sesuai kesepakatan dengan peserta
didik.
v
Direncanakan
berdasarkan IPK atau materi pembelajaran yang membutuhkan pengembangan lebih
luas misalnya :
ª
Dalam
kegiatan pembelajaran, bagi peserta didik yang sudah menguasai materi
meneladani rasul-rasul Allah Swt. dengan baik dan telah memperoleh nilai yang
memuaskan (sangat baik), peserta didik diberikan tugas menelaah mengenai
sejarah rasul-rasul Allah Swt. di perpustakaan dengan membaca buku Ensklopedi
Islam atau referensi lainnya, kemudian peserta didik membuat resume dari naskah
yang dibaca/diamati. (Guru mencatat dan memberikan tambahan
nilai bagi peserta didik yang berhasil dalam pengayaan).
Mengetahui:
|
Banguntapan, Juli 2019
|
Kepala
Sekolah,
|
Guru Mata Pelajaran,
|
Drs. Ir.
JOKO KUSTANTA, M.Pd
NIP. 19660913 199103 1
004
|
AHMAD AMALI KURNIAWAN, M.Pd.I
NIP. 19830129 200903 1 005
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar