Kamis, 27 Juni 2019

RPP 2 Mapel PAI Kelas XI Semester 1


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)


Sekolah                                    : SMA Negeri 1 Banguntapan 
Mata Pelajaran             : Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti
Program Keahlian        : Semua Program (MIPA/IPS)
Tahun Pelajaran                       : 2019/2020
Kelas/Semester             : XI / Ganjil
Materi Pokok               : Iman kepada Kitab-kitab Allah Swt.
Alokasi Waktu                         : 3 Minggu x 3 Jam Pelajaran @45 Menit (9 JPL)

A.     Kompetensi Inti
·         KI-1: Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya.
·         KI-2: Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan pro-aktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
·         KI-3: Memahami, menerapkan, menganalisis dan mengevaluasi pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.
·         KI-4: Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, bertindak secara efektif dan kreatif, serta mampu menggunakan metode sesuai kaidah keilmuan.


B.     Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi
Kompetensi Dasar
Indikator Pencapaian Kompetensi
1.3    Meyakini adanya kitab-kitab suci Allah Swt.
1.3.1   Membenarkan adanya kitab-kitab Allah Swt.
1.3.2   Mempertahankan keyakinan adanya kitab-kitab Allah Swt.
1.3.3   Membiasakan diri membaca al-Qur’an sebagai implementasi sikap keimanan kepada Kitab-Kitab Allah Swt
2.3    Peduli kepada orang lain dengan saling menasihati sebagai cerminan beriman kepada kitab-kitab Allah Swt.
2.3.1  Memprakarsai perilaku saling menasehati sebagai cermin beriman kepada Allah Swt.
2.3.2  Mengimplementasikan perilaku iman kepada kitab-kitab Allah dengan menekankan pentingnya saling menasehati sebagai cermin beriman kepada Allah Swt. dalam kehidupan sehari-hari..
3.3    Menganalisis makna iman kepada kitab-kitab Allah Swt.
3.3.1  Menjelaskan makna iman kepada kitab-kitab Allah Swt.
3.3.2  Menjelaskan kandungan dalil naqli tentang iman kepada kitab-kitab Allah Swt.
3.3.3  Mengklasifikasikan isi kandungan kitab suci al-Qur’an
3.3.4  Menjelaskan perbedaan dan persamaan antara isi masing-masing isi kitab suci
3.3.5  Mengidentifikasi ciri-ciri orang beriman kepada kitab-kitab Allah Swt.
3.3.6  Menunjukkan contoh sikap atau perilaku yang mencerminkan iman kepada kitab-kitab Allah Swt.
3.3.7  Merumuskan manfaat dan hikmah beriman kepada kitab-kitab suci Allah Swt., khususnya Al-Qur’an.
4.3    Menyajikan keterkaitan antara beriman kepada kitab-kitab suci Allah Swt. dengan perilaku sehari-hari
4.3.1  Menceritakan tokoh yang memiliki keterkaitan antara perilaku orang yang beriman kepada kitab suci dalam kehidupan sehari-hari.
4.3.2  Menyajikan paparan tentang makna, tanda-tanda, hikmah, dan manfaat beriman kepada kitab-kitab suci Allah Swt.
4.3.3  Menyajikan formulasi keterkaitan antara beriman kepada kitab-kitab suci Allah Swt. dengan perilaku peduli kepada orang lain dan saling menasihati.


C.     Tujuan Pembelajaran
Melalui model pembelajaran Discovery Learning, peserta didik diharapkan dapat: menganalisis makna iman kepada kitab-kitab Allah Swt.; menyajikan keterkaitan antara beriman kepada kitab-kitab suci Allah Swt. dengan perilaku peduli kepada orang lain dan saling menasihati; meyakini adanya kitab-kitab suci Allah Swt, dan menunjukkan perilaku peduli kepada orang lain dengan saling menasihati sebagai cerminan beriman kepada kitab-kitab Allah Swt. dalam kehidupan sehari-hari.
Berdasarkan IPK di atas, maka tujuan pembelajaran yaitu:
Pertemuan 1
1.      Setelah menggali informasi dan berdiskusi, peserta didik dapat mempertahankan keyakinan akan adanya kitab-kitab suci Allah Swt yang diturunkan kepada empat (4) Rasul Allah sebagai bukti kerasulannya dan pedoman hidup bagi umat manusia.
2.      Melalui kegiatan yang telah dilakukan, peserta didik dapat menunjukkan sikap dan perilaku peduli kepada orang lain dengan saling menasihati sebagai cerminan beriman kepada kitab-kitab Allah Swt. secara bertanggungjawab dalam kehidupan sehari-hari.
3.      Setelah menggali informasi dan berdiskusi, peserta didik dapat: menjelaskan makna iman kepada kitab-kitab Allah Swt.; menyebutkan dalil naqli tentang beriman kepada kitab-kitab Allah Swt.; mengklasifikasikan isi kandungan kitab suci al-Qur’an; menjelaskan perbedaan dan persamaan antara isi masing-masing isi kitab suci.

Pertemuan 2
1.      Setelah berdiskusi dan menggali informasi, peserta didik dapat mengidentifikasi ciri-ciri orang beriman kepada kitab-kitab Allah Swt., menunjukkan contoh sikap atau perilaku yang mencerminkan iman kepada kitab-kitab Allah dan merumuskan manfaat dan hikmah beriman kepada kitab-kitab suci Allah Swt., khususnya Al-Qur’an.
2.      Setelah membuat rangkuman tokoh inspiratif yang memiliki yang memiliki keimanan yang teguh terhadap kitab-kitab Allah Swt., peserta didik dapat menyajikan paparan tentang makna, ciri-ciri, manfaat dan hikmah beriman kepada kitab-kitab Allah Swt dan mempresentasikan formulasi keterkaitan antara beriman kepada kitab-kitab suci Allah Swt. dengan perilaku peduli kepada orang lain dan saling menasihati dalam kehidupan sehari-hari.

D.     Materi Pembelajaran
·      Fakta: Deskripsi tentang iman kepada kitab suci al-Qur’an dan kitab-kitab suci yang lainnya.
·      Konsep:
1.      Pengertian Iman kepada kitab-kitab Allah Swt.
2.      Ayat-ayat yang berkaitan dengan iman kepada kitab suci al-Qur’an dan kitab-kitab suci yang lainnya.
3.      Manfaat dan hikmah yang diperoleh dari beriman kepada Rasul-rasul Allah Swt
·      Prosedural: Cara meyakini dan menerapkan al-Qur’an dalam kehidupan sehari-hari, termasuk cara meyakini kitab-kitab sebelumnya.
·      Metakognitif:
                  1.      Hubungan antara iman kepada kitab-kitab Allah Swt. dengan perilaku peduli kepada orang lain dan saling menasihati
                  2.      Dampak positif dari perilaku beriman kepada kitab suci al-Qur’an dan kitab-kitab suci yang lainnya.


E.     Metode Pembelajaran
1)  Pendekatan                   : Saintifik
2)  Model Pembelajaran     : Discovery learning, Problem Based Learning (PBL)
3)  Metode                         : Tanya jawab, wawancara, diskusi dan bermain peran

F.      Media Pembelajaran
Media :
·         Laptop dan LCD projector
·         Bahan Tayang VCD Pembelajaran, Power point dan media audio visual lainnya
·         Mushaf Al-Qur’an

Alat/Bahan :
·         Spidol, papan tulis white board, Lembar kerja (siswa) dan Lembar penilaian

G.    Sumber Belajar
·         Depag RI, Al-Qur’an dan terjemahannya
·         Buku Siswa PAI dan Budi Pekerti SMA/MA/SMK/ MAK Kelas XI (Kemendikbud RI, Edisi Revisi 2017)
·         Sadi dan M. Nasikin, Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti untuk SMA Kelas XI, (Jakarta: Penerbit Erlangga, 2017)
·         MGMP PAI SMA Kabupaten Bantul, Modul Pembelajaran PAI dan Budi Pekerti Kelas XI Semester I
·         Multimedia pembelajaran interaktif
·         Internet, Kitab Tafsir (al-Maraghi, Jalalain, dll), Kitab Hadits Kutubussittah
·         Lingkungan setempat

H.      Langkah-Langkah Pembelajaran

1 . Pertemuan Pertama (3 x 45 Menit)
Kegiatan Pendahuluan (15 Menit)
Guru :
Orientasi
v Melakukan pembukaan dengan salam pembuka, memanjatkan syukur kepada Tuhan YME dan berdoa  untuk  memulai pembelajaran
v Memeriksa kehadiran peserta didik sebagai sikap disiplin
v Menyiapkan fisik dan psikis peserta didik  dalam mengawali kegiatan pembelajaran.
Aperpepsi
v Mengaitkan materi/tema/kegiatan pembelajaran yang akan dilakukan dengan pengalaman peserta didik dengan materi/tema/kegiatan sebelumnya
v Mengingatkan kembali materi prasyarat dengan bertanya.
v Mengajukan pertanyaan yang ada keterkaitannya dengan pelajaran yang akan dilakukan.
Motivasi
v Memberikan gambaran tentang manfaat mempelajari pelajaran yang akan dipelajari dalam kehidupan sehari-hari.
v Apabila materitema/projek ini kerjakan  dengan baik dan sungguh-sungguh ini dikuasai dengan baik, maka peserta didik diharapkan dapat menjelaskan tentang materi :
Ø Makna iman kepada kitab-kitab Allah Swt.
v Menyampaikan tujuan pembelajaran pada pertemuan yang  berlangsung
v Mengajukan pertanyaan
Pemberian Acuan
v Memberitahukan  materi pelajaran yang akan dibahas pada pertemuan saat itu.
v Memberitahukan tentang kompetensi inti, kompetensi dasar, indikator, dan KKM pada pertemuan yang  berlangsung
v Pembagian kelompok belajar
v Menjelaskan mekanisme pelaksanaan pengalaman belajar  sesuai dengan langkah-langkah pembelajaran.

Kegiatan Inti ( 105 Menit )
Sintak Model Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Stimulation
(stimulasi/
pemberian
rangsangan)
KEGIATAN LITERASI
Peserta didik diberi motivasi atau rangsangan untuk memusatkan perhatian pada topik materi Makna iman kepada kitab-kitab Allah Swt. dengan cara :
v Melihat (tanpa atau dengan Alat)
Menayangkan gambar/foto/video yang relevan.
v Mengamati
Ø Lembar kerja materi Makna iman kepada kitab-kitab Allah Swt..
Ø Pemberian contoh-contoh materi Makna iman kepada kitab-kitab Allah Swt. untuk dapat dikembangkan peserta didik, dari media interaktif, dsb
v Membaca.
Kegiatan literasi ini dilakukan di rumah dan di sekolah dengan membaca materi dari buku paket atau buku-buku penunjang lain, dari internet/materi yang berhubungan dengan Makna iman kepada kitab-kitab Allah Swt..
v Menulis
Menulis resume dari hasil pengamatan dan bacaan terkait Makna iman kepada kitab-kitab Allah Swt..
v Mendengar
Pemberian materi Makna iman kepada kitab-kitab Allah Swt. oleh guru.
v Menyimak
Penjelasan pengantar kegiatan secara garis besar/global tentang materi pelajaran mengenai materi :
Ø Makna iman kepada kitab-kitab Allah Swt.
untuk melatih rasa syukur, kesungguhan dan kedisiplinan, ketelitian, mencari informasi.
Problem
statement
(pertanyaan/
identifikasi
masalah)
CRITICAL THINKING (BERPIKIR KRITIS)
Guru memberikan kesempatan pada peserta didik untuk mengidentifikasi sebanyak mungkin pertanyaan yang berkaitan dengan gambar yang disajikan dan akan dijawab melalui kegiatan belajar, contohnya :
v Mengajukan pertanyaan tentang materi :
Ø Makna iman kepada kitab-kitab Allah Swt.
yang tidak dipahami dari apa yang diamati atau pertanyaan untuk mendapatkan informasi tambahan tentang apa yang diamati (dimulai dari pertanyaan faktual sampai ke pertanyaan yang bersifat hipotetik) untuk mengembangkan kreativitas, rasa ingin tahu, kemampuan merumuskan pertanyaan untuk membentuk pikiran kritis yang perlu untuk hidup cerdas dan belajar sepanjang hayat.
Data
collecting
(pengumpulan
data)
KEGIATAN LITERASI
Peserta didik mengumpulkan informasi yang relevan untuk menjawab pertanyan yang telah diidentifikasi melalui kegiatan:
v Mengamati obyek/kejadian
Mengamati dengan seksama materi Makna iman kepada kitab-kitab Allah Swt. yang sedang dipelajari dalam bentuk gambar/video/slide presentasi yang disajikan dan mencoba menginterprestasikannya.
v Membaca sumber lain selain buku teks
Secara disiplin melakukan kegiatan literasi dengan mencari dan membaca berbagai referensi dari berbagai sumber guna menambah pengetahuan dan pemahaman tentang materi Makna iman kepada kitab-kitab Allah Swt. yang sedang dipelajari.
v Aktivitas
Menyusun daftar pertanyaan atas hal-hal yang belum dapat dipahami dari kegiatan mengmati dan membaca yang akan diajukan kepada guru berkaitan dengan materi Makna iman kepada kitab-kitab Allah Swt. yang sedang dipelajari.

v Wawancara/tanya jawab dengan nara sumber
Mengajukan pertanyaan berkaiatan dengan materi Makna iman kepada kitab-kitab Allah Swt. yang telah disusun dalam daftar pertanyaan kepada guru.

COLLABORATION (KERJA SAMA)
Peserta didik dibentuk dalam beberapa kelompok untuk:
v Mendiskusikan
Peserta didik dan guru secara bersama-sama membahas contoh dalam buku paket mengenai materi Makna iman kepada kitab-kitab Allah Swt..
v Mengumpulkan informasi
Mencatat semua informasi tentang materi Makna iman kepada kitab-kitab Allah Swt. yang telah diperoleh pada buku catatan dengan tulisan yang rapi dan menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar.
v Mempresentasikan ulang
Peserta didik mengkomunikasikan secara lisan atau mempresentasikan materi dengan rasa percaya diri Makna iman kepada kitab-kitab Allah Swt. sesuai dengan pemahamannya.
v Saling tukar informasi tentang materi :
Ø Makna iman kepada kitab-kitab Allah Swt.
dengan ditanggapi aktif oleh peserta didik dari kelompok lainnya sehingga diperoleh sebuah pengetahuan baru yang dapat dijadikan sebagai bahan diskusi kelompok kemudian, dengan menggunakan metode ilmiah yang terdapat pada buku pegangan peserta didik atau pada lembar kerja yang disediakan dengan cermat untuk mengembangkan sikap teliti, jujur, sopan, menghargai pendapat orang lain, kemampuan berkomunikasi, menerapkan kemampuan mengumpulkan informasi melalui berbagai cara yang dipelajari, mengembangkan kebiasaan belajar dan belajar sepanjang hayat.
Data
processing
(pengolahan
data)
COLLABORATION (KERJA SAMA) dan CRITICAL THINKING (BERPIKIR KRITIS)
Peserta didik dalam kelompoknya berdiskusi mengolah data hasil pengamatan dengan cara :
v Berdiskusi tentang data dari Materi :
Ø Makna iman kepada kitab-kitab Allah Swt.
v Mengolah informasi dari materi Makna iman kepada kitab-kitab Allah Swt. yang sudah dikumpulkan dari hasil kegiatan/pertemuan sebelumnya mau pun hasil dari kegiatan mengamati dan kegiatan mengumpulkan informasi yang sedang berlangsung dengan bantuan pertanyaan-pertanyaan pada lembar kerja.
v Peserta didik mengerjakan beberapa soal mengenai materi Makna iman kepada kitab-kitab Allah Swt..
Verification
(pembuktian)
CRITICAL THINKING (BERPIKIR KRITIS)
Peserta didik mendiskusikan hasil pengamatannya dan memverifikasi hasil pengamatannya dengan data-data atau teori pada buku sumber melalui kegiatan :
v Menambah keluasan dan kedalaman sampai kepada pengolahan informasi yang bersifat mencari solusi dari berbagai sumber yang memiliki pendapat yang berbeda sampai kepada yang bertentangan untuk mengembangkan sikap jujur, teliti, disiplin, taat aturan, kerja keras, kemampuan menerapkan prosedur dan kemampuan berpikir induktif serta deduktif dalam membuktikan tentang materi :
Ø Makna iman kepada kitab-kitab Allah Swt.
antara lain dengan : Peserta didik dan guru secara bersama-sama membahas jawaban soal-soal yang telah dikerjakan oleh peserta didik.
Generalization
(menarik
kesimpulan)
COMMUNICATION (BERKOMUNIKASI)
Peserta didik berdiskusi untuk menyimpulkan
v Menyampaikan hasil diskusi  tentang materi Makna iman kepada kitab-kitab Allah Swt. berupa kesimpulan berdasarkan hasil analisis secara lisan, tertulis, atau media lainnya untuk mengembangkan sikap jujur, teliti, toleransi, kemampuan berpikir sistematis, mengungkapkan pendapat dengan sopan.
v Mempresentasikan hasil diskusi kelompok secara klasikal tentang materi :
Ø Makna iman kepada kitab-kitab Allah Swt.
v Mengemukakan  pendapat  atas presentasi yang dilakukan tentanag materi Makna iman kepada kitab-kitab Allah Swt. dan ditanggapi oleh kelompok yang mempresentasikan.
v Bertanya atas presentasi tentang materi Makna iman kepada kitab-kitab Allah Swt. yang dilakukan dan peserta didik lain diberi kesempatan  untuk menjawabnya.

CREATIVITY (KREATIVITAS)
v Menyimpulkan tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran yang baru dilakukan berupa :
Laporan hasil pengamatan secara tertulis tentang materi :
Ø Makna iman kepada kitab-kitab Allah Swt.
v Menjawab pertanyaan tentang materi Makna iman kepada kitab-kitab Allah Swt. yang terdapat pada buku pegangan peserta didik atau lembar kerja yang telah disediakan.
v Bertanya tentang hal yang belum dipahami, atau guru melemparkan beberapa pertanyaan kepada siswa berkaitan dengan materi Makna iman kepada kitab-kitab Allah Swt. yang akan selesai dipelajari
v Menyelesaikan uji kompetensi untuk materi Makna iman kepada kitab-kitab Allah Swt. yang terdapat pada buku pegangan peserta didik atau pada lembar lerja yang telah disediakan secara individu untuk mengecek penguasaan siswa terhadap materi pelajaran.
Catatan : Selama pembelajaran Makna iman kepada kitab-kitab Allah Swt. berlangsung, guru mengamati sikap siswa dalam pembelajaran yang meliputi sikap: nasionalisme,  disiplin, rasa percaya diri, berperilaku jujur, tangguh menghadapi masalah tanggungjawab, rasa ingin tahu, peduli lingkungan
Kegiatan Penutup (15 Menit)
Peserta didik :
v Membuat resume (CREATIVITY) dengan bimbingan guru tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran tentang materi Makna iman kepada kitab-kitab Allah Swt. yang baru dilakukan.
v Mengagendakan pekerjaan rumah untuk materi pelajaran Makna iman kepada kitab-kitab Allah Swt. yang baru diselesaikan.
v Mengagendakan materi atau tugas projek/produk/portofolio/unjuk kerja yang harus mempelajarai pada pertemuan berikutnya di luar jam sekolah atau dirumah.
Guru :
v Memeriksa pekerjaan siswa  yang selesai  langsung diperiksa untuk materi pelajaran Makna iman kepada kitab-kitab Allah Swt..
v Peserta didik yang  selesai mengerjakan tugas projek/produk/portofolio/unjuk kerja dengan benar diberi paraf serta diberi nomor urut peringkat,  untuk penilaian tugas projek/produk/portofolio/unjuk kerja pada materi pelajaran Makna iman kepada kitab-kitab Allah Swt..
v Memberikan penghargaan untuk materi pelajaran Makna iman kepada kitab-kitab Allah Swt. kepada kelompok yang memiliki kinerja dan kerjasama yang baik.

2 . Pertemuan Kedua (3 x 45 Menit)
Kegiatan Pendahuluan (15 Menit)
Guru :
Orientasi
v Melakukan pembukaan dengan salam pembuka, memanjatkan syukur kepada Tuhan YME dan berdoa  untuk  memulai pembelajaran
v Memeriksa kehadiran peserta didik sebagai sikap disiplin
v Menyiapkan fisik dan psikis peserta didik  dalam mengawali kegiatan pembelajaran.
Aperpepsi
v Mengaitkan materi/tema/kegiatan pembelajaran yang akan dilakukan dengan pengalaman peserta didik dengan materi/tema/kegiatan sebelumnya
v Mengingatkan kembali materi prasyarat dengan bertanya.
v Mengajukan pertanyaan yang ada keterkaitannya dengan pelajaran yang akan dilakukan.
Motivasi
v Memberikan gambaran tentang manfaat mempelajari pelajaran yang akan dipelajari dalam kehidupan sehari-hari.
v Apabila materitema/projek ini kerjakan  dengan baik dan sungguh-sungguh ini dikuasai dengan baik, maka peserta didik diharapkan dapat menjelaskan tentang materi :
Ø Dalil naqli tentang iman kepada kitab-kitab Allah Swt.
v Menyampaikan tujuan pembelajaran pada pertemuan yang  berlangsung
v Mengajukan pertanyaan
Pemberian Acuan
v Memberitahukan  materi pelajaran yang akan dibahas pada pertemuan saat itu.
v Memberitahukan tentang kompetensi inti, kompetensi dasar, indikator, dan KKM pada pertemuan yang  berlangsung
v Pembagian kelompok belajar
v Menjelaskan mekanisme pelaksanaan pengalaman belajar  sesuai dengan langkah-langkah pembelajaran.
Kegiatan Inti ( 105 Menit )
Sintak Model Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Stimulation
(stimulasi/
pemberian
rangsangan)
KEGIATAN LITERASI
Peserta didik diberi motivasi atau rangsangan untuk memusatkan perhatian pada topik materi Dalil naqli tentang iman kepada kitab-kitab Allah Swt. dengan cara :
v Melihat (tanpa atau dengan Alat)
Menayangkan gambar/foto/video yang relevan.
v Mengamati
Ø Lembar kerja materi Dalil naqli tentang iman kepada kitab-kitab Allah Swt..
Ø Pemberian contoh-contoh materi Dalil naqli tentang iman kepada kitab-kitab Allah Swt. untuk dapat dikembangkan peserta didik, dari media interaktif, dsb
v Membaca.
Kegiatan literasi ini dilakukan di rumah dan di sekolah dengan membaca materi dari buku paket atau buku-buku penunjang lain, dari internet/materi yang berhubungan dengan Dalil naqli tentang iman kepada kitab-kitab Allah Swt..
v Menulis
Menulis resume dari hasil pengamatan dan bacaan terkait Dalil naqli tentang iman kepada kitab-kitab Allah Swt..
v Mendengar
Pemberian materi Dalil naqli tentang iman kepada kitab-kitab Allah Swt. oleh guru.
v Menyimak
Penjelasan pengantar kegiatan secara garis besar/global tentang materi pelajaran mengenai materi :
Ø Dalil naqli tentang iman kepada kitab-kitab Allah Swt.
untuk melatih rasa syukur, kesungguhan dan kedisiplinan, ketelitian, mencari informasi.
Problem
statement
(pertanyaan/
identifikasi
masalah)
CRITICAL THINKING (BERPIKIR KRITIS)
Guru memberikan kesempatan pada peserta didik untuk mengidentifikasi sebanyak mungkin pertanyaan yang berkaitan dengan gambar yang disajikan dan akan dijawab melalui kegiatan belajar, contohnya :
v Mengajukan pertanyaan tentang materi :
Ø Dalil naqli tentang iman kepada kitab-kitab Allah Swt.
yang tidak dipahami dari apa yang diamati atau pertanyaan untuk mendapatkan informasi tambahan tentang apa yang diamati (dimulai dari pertanyaan faktual sampai ke pertanyaan yang bersifat hipotetik) untuk mengembangkan kreativitas, rasa ingin tahu, kemampuan merumuskan pertanyaan untuk membentuk pikiran kritis yang perlu untuk hidup cerdas dan belajar sepanjang hayat.
Data
collecting
(pengumpulan
data)
KEGIATAN LITERASI
Peserta didik mengumpulkan informasi yang relevan untuk menjawab pertanyan yang telah diidentifikasi melalui kegiatan:
v Mengamati obyek/kejadian
Mengamati dengan seksama materi Dalil naqli tentang iman kepada kitab-kitab Allah Swt. yang sedang dipelajari dalam bentuk gambar/video/slide presentasi yang disajikan dan mencoba menginterprestasikannya.
v Membaca sumber lain selain buku teks
Secara disiplin melakukan kegiatan literasi dengan mencari dan membaca berbagai referensi dari berbagai sumber guna menambah pengetahuan dan pemahaman tentang materi Dalil naqli tentang iman kepada kitab-kitab Allah Swt. yang sedang dipelajari.
v Aktivitas
Menyusun daftar pertanyaan atas hal-hal yang belum dapat dipahami dari kegiatan mengmati dan membaca yang akan diajukan kepada guru berkaitan dengan materi Dalil naqli tentang iman kepada kitab-kitab Allah Swt. yang sedang dipelajari.
v Wawancara/tanya jawab dengan nara sumber
Mengajukan pertanyaan berkaiatan dengan materi Dalil naqli tentang iman kepada kitab-kitab Allah Swt. yang telah disusun dalam daftar pertanyaan kepada guru.

COLLABORATION (KERJA SAMA)
Peserta didik dibentuk dalam beberapa kelompok untuk:
v Mendiskusikan
Peserta didik dan guru secara bersama-sama membahas contoh dalam buku paket mengenai materi Dalil naqli tentang iman kepada kitab-kitab Allah Swt..
v Mengumpulkan informasi
Mencatat semua informasi tentang materi Dalil naqli tentang iman kepada kitab-kitab Allah Swt. yang telah diperoleh pada buku catatan dengan tulisan yang rapi dan menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar.
v Mempresentasikan ulang
Peserta didik mengkomunikasikan secara lisan atau mempresentasikan materi dengan rasa percaya diri Dalil naqli tentang iman kepada kitab-kitab Allah Swt. sesuai dengan pemahamannya.
v Saling tukar informasi tentang materi :
Ø Dalil naqli tentang iman kepada kitab-kitab Allah Swt.
dengan ditanggapi aktif oleh peserta didik dari kelompok lainnya sehingga diperoleh sebuah pengetahuan baru yang dapat dijadikan sebagai bahan diskusi kelompok kemudian, dengan menggunakan metode ilmiah yang terdapat pada buku pegangan peserta didik atau pada lembar kerja yang disediakan dengan cermat untuk mengembangkan sikap teliti, jujur, sopan, menghargai pendapat orang lain, kemampuan berkomunikasi, menerapkan kemampuan mengumpulkan informasi melalui berbagai cara yang dipelajari, mengembangkan kebiasaan belajar dan belajar sepanjang hayat.
Data
processing
(pengolahan
Data)
COLLABORATION (KERJA SAMA) dan CRITICAL THINKING (BERPIKIR KRITIS)
Peserta didik dalam kelompoknya berdiskusi mengolah data hasil pengamatan dengan cara :
v Berdiskusi tentang data dari Materi :
Ø Dalil naqli tentang iman kepada kitab-kitab Allah Swt.
v Mengolah informasi dari materi Dalil naqli tentang iman kepada kitab-kitab Allah Swt. yang sudah dikumpulkan dari hasil kegiatan/pertemuan sebelumnya mau pun hasil dari kegiatan mengamati dan kegiatan mengumpulkan informasi yang sedang berlangsung dengan bantuan pertanyaan-pertanyaan pada lembar kerja.
v Peserta didik mengerjakan beberapa soal mengenai materi Dalil naqli tentang iman kepada kitab-kitab Allah Swt..
Verification
(pembuktian)
CRITICAL THINKING (BERPIKIR KRITIS)
Peserta didik mendiskusikan hasil pengamatannya dan memverifikasi hasil pengamatannya dengan data-data atau teori pada buku sumber melalui kegiatan :
v Menambah keluasan dan kedalaman sampai kepada pengolahan informasi yang bersifat mencari solusi dari berbagai sumber yang memiliki pendapat yang berbeda sampai kepada yang bertentangan untuk mengembangkan sikap jujur, teliti, disiplin, taat aturan, kerja keras, kemampuan menerapkan prosedur dan kemampuan berpikir induktif serta deduktif dalam membuktikan tentang materi :
Ø Dalil naqli tentang iman kepada kitab-kitab Allah Swt.
antara lain dengan : Peserta didik dan guru secara bersama-sama membahas jawaban soal-soal yang telah dikerjakan oleh peserta didik.
Generalization
(menarik
kesimpulan)
COMMUNICATION (BERKOMUNIKASI)
Peserta didik berdiskusi untuk menyimpulkan
v Menyampaikan hasil diskusi  tentang materi Dalil naqli tentang iman kepada kitab-kitab Allah Swt. berupa kesimpulan berdasarkan hasil analisis secara lisan, tertulis, atau media lainnya untuk mengembangkan sikap jujur, teliti, toleransi, kemampuan berpikir sistematis, mengungkapkan pendapat dengan sopan.
v Mempresentasikan hasil diskusi kelompok secara klasikal tentang materi :
Ø Dalil naqli tentang iman kepada kitab-kitab Allah Swt.
v Mengemukakan  pendapat  atas presentasi yang dilakukan tentanag materi Dalil naqli tentang iman kepada kitab-kitab Allah Swt. dan ditanggapi oleh kelompok yang mempresentasikan.
v Bertanya atas presentasi tentang materi Dalil naqli tentang iman kepada kitab-kitab Allah Swt. yang dilakukan dan peserta didik lain diberi kesempatan  untuk menjawabnya.

CREATIVITY (KREATIVITAS)
v Menyimpulkan tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran yang baru dilakukan berupa :
Laporan hasil pengamatan secara tertulis tentang materi :
Ø Dalil naqli tentang iman kepada kitab-kitab Allah Swt.
v Menjawab pertanyaan tentang materi Dalil naqli tentang iman kepada kitab-kitab Allah Swt. yang terdapat pada buku pegangan peserta didik atau lembar kerja yang telah disediakan.
v Bertanya tentang hal yang belum dipahami, atau guru melemparkan beberapa pertanyaan kepada siswa berkaitan dengan materi Dalil naqli tentang iman kepada kitab-kitab Allah Swt. yang akan selesai dipelajari
v Menyelesaikan uji kompetensi untuk materi Dalil naqli tentang iman kepada kitab-kitab Allah Swt. yang terdapat pada buku pegangan peserta didik atau pada lembar lerja yang telah disediakan secara individu untuk mengecek penguasaan siswa terhadap materi pelajaran.
Catatan : Selama pembelajaran Dalil naqli tentang iman kepada kitab-kitab Allah Swt. berlangsung, guru mengamati sikap siswa dalam pembelajaran yang meliputi sikap: nasionalisme,  disiplin, rasa percaya diri, berperilaku jujur, tangguh menghadapi masalah tanggungjawab, rasa ingin tahu, peduli lingkungan
Kegiatan Penutup (15 Menit)
Peserta didik :
v Membuat resume (CREATIVITY) dengan bimbingan guru tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran tentang materi Dalil naqli tentang iman kepada kitab-kitab Allah Swt. yang baru dilakukan.
v Mengagendakan pekerjaan rumah untuk materi pelajaran Dalil naqli tentang iman kepada kitab-kitab Allah Swt. yang baru diselesaikan.
v Mengagendakan materi atau tugas projek/produk/portofolio/unjuk kerja yang harus mempelajarai pada pertemuan berikutnya di luar jam sekolah atau dirumah.
Guru :
v Memeriksa pekerjaan siswa  yang selesai  langsung diperiksa untuk materi pelajaran Dalil naqli tentang iman kepada kitab-kitab Allah Swt..
v Peserta didik yang  selesai mengerjakan tugas projek/produk/portofolio/unjuk kerja dengan benar diberi paraf serta diberi nomor urut peringkat,  untuk penilaian tugas projek/produk/portofolio/unjuk kerja pada materi pelajaran Dalil naqli tentang iman kepada kitab-kitab Allah Swt..
v Memberikan penghargaan untuk materi pelajaran Dalil naqli tentang iman kepada kitab-kitab Allah Swt. kepada kelompok yang memiliki kinerja dan kerjasama yang baik.

3 . Pertemuan Ketiga (3 x 45 Menit)
Kegiatan Pendahuluan (15 Menit)
Guru :
Orientasi
v Melakukan pembukaan dengan salam pembuka, memanjatkan syukur kepada Tuhan YME dan berdoa  untuk  memulai pembelajaran
v Memeriksa kehadiran peserta didik sebagai sikap disiplin
v Menyiapkan fisik dan psikis peserta didik  dalam mengawali kegiatan pembelajaran.
Aperpepsi
v Mengaitkan materi/tema/kegiatan pembelajaran yang akan dilakukan dengan pengalaman peserta didik dengan materi/tema/kegiatan sebelumnya
v Mengingatkan kembali materi prasyarat dengan bertanya.
v Mengajukan pertanyaan yang ada keterkaitannya dengan pelajaran yang akan dilakukan.
Motivasi
v Memberikan gambaran tentang manfaat mempelajari pelajaran yang akan dipelajari dalam kehidupan sehari-hari.
v Apabila materitema/projek ini kerjakan  dengan baik dan sungguh-sungguh ini dikuasai dengan baik, maka peserta didik diharapkan dapat menjelaskan tentang materi :
Ø Ciri-ciri orang beriman kepada kitab-kitab Allah Swt.
v Menyampaikan tujuan pembelajaran pada pertemuan yang  berlangsung
v Mengajukan pertanyaan
Pemberian Acuan
v Memberitahukan  materi pelajaran yang akan dibahas pada pertemuan saat itu.
v Memberitahukan tentang kompetensi inti, kompetensi dasar, indikator, dan KKM pada pertemuan yang  berlangsung
v Pembagian kelompok belajar
v Menjelaskan mekanisme pelaksanaan pengalaman belajar  sesuai dengan langkah-langkah pembelajaran.
Kegiatan Inti ( 105 Menit )
Sintak Model Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Stimulation
(stimullasi/
pemberian
rangsangan)
KEGIATAN LITERASI
Peserta didik diberi motivasi atau rangsangan untuk memusatkan perhatian pada topik materi Ciri-ciri orang beriman kepada kitab-kitab Allah Swt. dengan cara :
v Melihat (tanpa atau dengan Alat)
Menayangkan gambar/foto/video yang relevan.
v Mengamati
Ø Lembar kerja materi Ciri-ciri orang beriman kepada kitab-kitab Allah Swt..
Ø Pemberian contoh-contoh materi Ciri-ciri orang beriman kepada kitab-kitab Allah Swt. untuk dapat dikembangkan peserta didik, dari media interaktif, dsb
v Membaca.
Kegiatan literasi ini dilakukan di rumah dan di sekolah dengan membaca materi dari buku paket atau buku-buku penunjang lain, dari internet/materi yang berhubungan dengan Ciri-ciri orang beriman kepada kitab-kitab Allah Swt..
v Menulis
Menulis resume dari hasil pengamatan dan bacaan terkait Ciri-ciri orang beriman kepada kitab-kitab Allah Swt..
v Mendengar
Pemberian materi Ciri-ciri orang beriman kepada kitab-kitab Allah Swt. oleh guru.
v Menyimak
Penjelasan pengantar kegiatan secara garis besar/global tentang materi pelajaran mengenai materi :
Ø Ciri-ciri orang beriman kepada kitab-kitab Allah Swt.
untuk melatih rasa syukur, kesungguhan dan kedisiplinan, ketelitian, mencari informasi.
Problem
statemen
(pertanyaan/
identifikasi
masalah)
CRITICAL THINKING (BERPIKIR KRITIS)
Guru memberikan kesempatan pada peserta didik untuk mengidentifikasi sebanyak mungkin pertanyaan yang berkaitan dengan gambar yang disajikan dan akan dijawab melalui kegiatan belajar, contohnya :
v Mengajukan pertanyaan tentang materi :
Ø Ciri-ciri orang beriman kepada kitab-kitab Allah Swt.
yang tidak dipahami dari apa yang diamati atau pertanyaan untuk mendapatkan informasi tambahan tentang apa yang diamati (dimulai dari pertanyaan faktual sampai ke pertanyaan yang bersifat hipotetik) untuk mengembangkan kreativitas, rasa ingin tahu, kemampuan merumuskan pertanyaan untuk membentuk pikiran kritis yang perlu untuk hidup cerdas dan belajar sepanjang hayat.
Data
collection
(pengumpulan
data)
KEGIATAN LITERASI
Peserta didik mengumpulkan informasi yang relevan untuk menjawab pertanyan yang telah diidentifikasi melalui kegiatan:
v Mengamati obyek/kejadian
Mengamati dengan seksama materi Ciri-ciri orang beriman kepada kitab-kitab Allah Swt. yang sedang dipelajari dalam bentuk gambar/video/slide presentasi yang disajikan dan mencoba menginterprestasikannya.
v Membaca sumber lain selain buku teks
Secara disiplin melakukan kegiatan literasi dengan mencari dan membaca berbagai referensi dari berbagai sumber guna menambah pengetahuan dan pemahaman tentang materi Ciri-ciri orang beriman kepada kitab-kitab Allah Swt. yang sedang dipelajari.
v Aktivitas
Menyusun daftar pertanyaan atas hal-hal yang belum dapat dipahami dari kegiatan mengmati dan membaca yang akan diajukan kepada guru berkaitan dengan materi Ciri-ciri orang beriman kepada kitab-kitab Allah Swt. yang sedang dipelajari.
v Wawancara/tanya jawab dengan nara sumber
Mengajukan pertanyaan berkaiatan dengan materi Ciri-ciri orang beriman kepada kitab-kitab Allah Swt. yang telah disusun dalam daftar pertanyaan kepada guru.

COLLABORATION (KERJASAMA)
Peserta didik dibentuk dalam beberapa kelompok untuk:
v Mendiskusikan
Peserta didik dan guru secara bersama-sama membahas contoh dalam buku paket mengenai materi Ciri-ciri orang beriman kepada kitab-kitab Allah Swt..
v Mengumpulkan informasi
Mencatat semua informasi tentang materi Ciri-ciri orang beriman kepada kitab-kitab Allah Swt. yang telah diperoleh pada buku catatan dengan tulisan yang rapi dan menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar.
v Mempresentasikan ulang
Peserta didik mengkomunikasikan secara lisan atau mempresentasikan materi dengan rasa percaya diri Ciri-ciri orang beriman kepada kitab-kitab Allah Swt. sesuai dengan pemahamannya.
v Saling tukar informasi tentang materi :
Ø Ciri-ciri orang beriman kepada kitab-kitab Allah Swt.
dengan ditanggapi aktif oleh peserta didik dari kelompok lainnya sehingga diperoleh sebuah pengetahuan baru yang dapat dijadikan sebagai bahan diskusi kelompok kemudian, dengan menggunakan metode ilmiah yang terdapat pada buku pegangan peserta didik atau pada lembar kerja yang disediakan dengan cermat untuk mengembangkan sikap teliti, jujur, sopan, menghargai pendapat orang lain, kemampuan berkomunikasi, menerapkan kemampuan mengumpulkan informasi melalui berbagai cara yang dipelajari, mengembangkan kebiasaan belajar dan belajar sepanjang hayat.
Data
processing
(pengolahan
Data)
COLLABORATION (KERJASAMA) dan CRITICAL THINKING (BERPIKIR KRITIS)
Peserta didik dalam kelompoknya berdiskusi mengolah data hasil pengamatan dengan cara :
v Berdiskusi tentang data dari Materi :
Ø Ciri-ciri orang beriman kepada kitab-kitab Allah Swt.
v Mengolah informasi dari materi Ciri-ciri orang beriman kepada kitab-kitab Allah Swt. yang sudah dikumpulkan dari hasil kegiatan/pertemuan sebelumnya mau pun hasil dari kegiatan mengamati dan kegiatan mengumpulkan informasi yang sedang berlangsung dengan bantuan pertanyaan-pertanyaan pada lembar kerja.
v Peserta didik mengerjakan beberapa soal mengenai materi Ciri-ciri orang beriman kepada kitab-kitab Allah Swt..
Verification
(pembuktian)
CRITICAL THINKING (BERPIKIR KRITIS)
Peserta didik mendiskusikan hasil pengamatannya dan memverifikasi hasil pengamatannya dengan data-data atau teori pada buku sumber melalui kegiatan :
v Menambah keluasan dan kedalaman sampai kepada pengolahan informasi yang bersifat mencari solusi dari berbagai sumber yang memiliki pendapat yang berbeda sampai kepada yang bertentangan untuk mengembangkan sikap jujur, teliti, disiplin, taat aturan, kerja keras, kemampuan menerapkan prosedur dan kemampuan berpikir induktif serta deduktif dalam membuktikan tentang materi :
Ø Ciri-ciri orang beriman kepada kitab-kitab Allah Swt.
antara lain dengan : Peserta didik dan guru secara bersama-sama membahas jawaban soal-soal yang telah dikerjakan oleh peserta didik.
Generalization
(menarik
kesimpulan)
COMMUNICATION (BERKOMUNIKASI)
Peserta didik berdiskusi untuk menyimpulkan
v Menyampaikan hasil diskusi  tentang materi Ciri-ciri orang beriman kepada kitab-kitab Allah Swt. berupa kesimpulan berdasarkan hasil analisis secara lisan, tertulis, atau media lainnya untuk mengembangkan sikap jujur, teliti, toleransi, kemampuan berpikir sistematis, mengungkapkan pendapat dengan sopan.
v Mempresentasikan hasil diskusi kelompok secara klasikal tentang materi :
Ø Ciri-ciri orang beriman kepada kitab-kitab Allah Swt.
v Mengemukakan  pendapat  atas presentasi yang dilakukan tentanag materi Ciri-ciri orang beriman kepada kitab-kitab Allah Swt. dan ditanggapi oleh kelompok yang mempresentasikan.
v Bertanya atas presentasi tentang materi Ciri-ciri orang beriman kepada kitab-kitab Allah Swt. yang dilakukan dan peserta didik lain diberi kesempatan  untuk menjawabnya.

CREATIVITY (KREATIVITAS)
v Menyimpulkan tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran yang baru dilakukan berupa :
Laporan hasil pengamatan secara tertulis tentang materi :
Ø Ciri-ciri orang beriman kepada kitab-kitab Allah Swt.
v Menjawab pertanyaan tentang materi Ciri-ciri orang beriman kepada kitab-kitab Allah Swt. yang terdapat pada buku pegangan peserta didik atau lembar kerja yang telah disediakan.
v Bertanya tentang hal yang belum dipahami, atau guru melemparkan beberapa pertanyaan kepada siswa berkaitan dengan materi Ciri-ciri orang beriman kepada kitab-kitab Allah Swt. yang akan selesai dipelajari
v Menyelesaikan uji kompetensi untuk materi Ciri-ciri orang beriman kepada kitab-kitab Allah Swt. yang terdapat pada buku pegangan peserta didik atau pada lembar lerja yang telah disediakan secara individu untuk mengecek penguasaan siswa terhadap materi pelajaran.
Catatan : Selama pembelajaran Ciri-ciri orang beriman kepada kitab-kitab Allah Swt. berlangsung, guru mengamati sikap siswa dalam pembelajaran yang meliputi sikap: nasionalisme,  disiplin, rasa percaya diri, berperilaku jujur, tangguh menghadapi masalah tanggungjawab, rasa ingin tahu, peduli lingkungan
Kegiatan Penutup (15 Menit)
Peserta didik :
v Membuat resume (CREATIVITY) dengan bimbingan guru tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran tentang materi Ciri-ciri orang beriman kepada kitab-kitab Allah Swt. yang baru dilakukan.
v Mengagendakan pekerjaan rumah untuk materi pelajaran Ciri-ciri orang beriman kepada kitab-kitab Allah Swt. yang baru diselesaikan.
v Mengagendakan materi atau tugas projek/produk/portofolio/unjuk kerja yang harus mempelajarai pada pertemuan berikutnya di luar jam sekolah atau dirumah.
Guru :
v Memeriksa pekerjaan siswa  yang selesai  langsung diperiksa untuk materi pelajaran Ciri-ciri orang beriman kepada kitab-kitab Allah Swt..
v Peserta didik yang  selesai mengerjakan tugas projek/produk/portofolio/unjuk kerja dengan benar diberi paraf serta diberi nomor urut peringkat,  untuk penilaian tugas projek/produk/portofolio/unjuk kerja pada materi pelajaran Ciri-ciri orang beriman kepada kitab-kitab Allah Swt..
v Memberikan penghargaan untuk materi pelajaran Ciri-ciri orang beriman kepada kitab-kitab Allah Swt. kepada kelompok yang memiliki kinerja dan kerjasama yang baik.

4 . Pertemuan Keempat (3 x 45 Menit)
Kegiatan Pendahuluan (15 Menit)
Guru :
Orientasi
v Melakukan pembukaan dengan salam pembuka, memanjatkan syukur kepada Tuhan YME dan berdoa  untuk  memulai pembelajaran
v Memeriksa kehadiran peserta didik sebagai sikap disiplin
v Menyiapkan fisik dan psikis peserta didik  dalam mengawali kegiatan pembelajaran.
Aperpepsi
v Mengaitkan materi/tema/kegiatan pembelajaran yang akan dilakukan dengan pengalaman peserta didik dengan materi/tema/kegiatan sebelumnya
v Mengingatkan kembali materi prasyarat dengan bertanya.
v Mengajukan pertanyaan yang ada keterkaitannya dengan pelajaran yang akan dilakukan.
Motivasi
v Memberikan gambaran tentang manfaat mempelajari pelajaran yang akan dipelajari dalam kehidupan sehari-hari.
v Apabila materitema/projek ini kerjakan  dengan baik dan sungguh-sungguh ini dikuasai dengan baik, maka peserta didik diharapkan dapat menjelaskan tentang materi :
Ø Hikmah dan manfaat beriman kepada kitab-kitab suci Allah Swt.
v Menyampaikan tujuan pembelajaran pada pertemuan yang  berlangsung
v Mengajukan pertanyaan
Pemberian Acuan
v Memberitahukan  materi pelajaran yang akan dibahas pada pertemuan saat itu.
v Memberitahukan tentang kompetensi inti, kompetensi dasar, indikator, dan KKM pada pertemuan yang  berlangsung
v Pembagian kelompok belajar
v Menjelaskan mekanisme pelaksanaan pengalaman belajar  sesuai dengan langkah-langkah pembelajaran.
Kegiatan Inti ( 105 Menit )
Sintak Model Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Stimulation
(stimullasi/
pemberian
rangsangan)
KEGIATAN LITERASI
Peserta didik diberi motivasi atau rangsangan untuk memusatkan perhatian pada topik materi Hikmah dan manfaat beriman kepada kitab-kitab suci Allah Swt. dengan cara :
v Melihat (tanpa atau dengan Alat)
Menayangkan gambar/foto/video yang relevan.
v Mengamati
Ø Lembar kerja materi Hikmah dan manfaat beriman kepada kitab-kitab suci Allah Swt..
Ø Pemberian contoh-contoh materi Hikmah dan manfaat beriman kepada kitab-kitab suci Allah Swt. untuk dapat dikembangkan peserta didik, dari media interaktif, dsb
v Membaca.
Kegiatan literasi ini dilakukan di rumah dan di sekolah dengan membaca materi dari buku paket atau buku-buku penunjang lain, dari internet/materi yang berhubungan dengan Hikmah dan manfaat beriman kepada kitab-kitab suci Allah Swt..
v Menulis
Menulis resume dari hasil pengamatan dan bacaan terkait Hikmah dan manfaat beriman kepada kitab-kitab suci Allah Swt..
v Mendengar
Pemberian materi Hikmah dan manfaat beriman kepada kitab-kitab suci Allah Swt. oleh guru.
v Menyimak
Penjelasan pengantar kegiatan secara garis besar/global tentang materi pelajaran mengenai materi :
Ø Hikmah dan manfaat beriman kepada kitab-kitab suci Allah Swt.
untuk melatih rasa syukur, kesungguhan dan kedisiplinan, ketelitian, mencari informasi.
Problem
statemen
(pertanyaan/
identifikasi
masalah)
CRITICAL THINKING (BERPIKIR KRITIS)
Guru memberikan kesempatan pada peserta didik untuk mengidentifikasi sebanyak mungkin pertanyaan yang berkaitan dengan gambar yang disajikan dan akan dijawab melalui kegiatan belajar, contohnya :
v Mengajukan pertanyaan tentang materi :
Ø Hikmah dan manfaat beriman kepada kitab-kitab suci Allah Swt.
yang tidak dipahami dari apa yang diamati atau pertanyaan untuk mendapatkan informasi tambahan tentang apa yang diamati (dimulai dari pertanyaan faktual sampai ke pertanyaan yang bersifat hipotetik) untuk mengembangkan kreativitas, rasa ingin tahu, kemampuan merumuskan pertanyaan untuk membentuk pikiran kritis yang perlu untuk hidup cerdas dan belajar sepanjang hayat.
Data
collection
(pengumpulan
data)
KEGIATAN LITERASI
Peserta didik mengumpulkan informasi yang relevan untuk menjawab pertanyan yang telah diidentifikasi melalui kegiatan:
v Mengamati obyek/kejadian
Mengamati dengan seksama materi Hikmah dan manfaat beriman kepada kitab-kitab suci Allah Swt. yang sedang dipelajari dalam bentuk gambar/video/slide presentasi yang disajikan dan mencoba menginterprestasikannya.
v Membaca sumber lain selain buku teks
Secara disiplin melakukan kegiatan literasi dengan mencari dan membaca berbagai referensi dari berbagai sumber guna menambah pengetahuan dan pemahaman tentang materi Hikmah dan manfaat beriman kepada kitab-kitab suci Allah Swt. yang sedang dipelajari.
v Aktivitas
Menyusun daftar pertanyaan atas hal-hal yang belum dapat dipahami dari kegiatan mengmati dan membaca yang akan diajukan kepada guru berkaitan dengan materi Hikmah dan manfaat beriman kepada kitab-kitab suci Allah Swt. yang sedang dipelajari.
v Wawancara/tanya jawab dengan nara sumber
Mengajukan pertanyaan berkaiatan dengan materi Hikmah dan manfaat beriman kepada kitab-kitab suci Allah Swt. yang telah disusun dalam daftar pertanyaan kepada guru.

COLLABORATION (KERJASAMA)
Peserta didik dibentuk dalam beberapa kelompok untuk:
v Mendiskusikan
Peserta didik dan guru secara bersama-sama membahas contoh dalam buku paket mengenai materi Hikmah dan manfaat beriman kepada kitab-kitab suci Allah Swt..
v Mengumpulkan informasi
Mencatat semua informasi tentang materi Hikmah dan manfaat beriman kepada kitab-kitab suci Allah Swt. yang telah diperoleh pada buku catatan dengan tulisan yang rapi dan menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar.
v Mempresentasikan ulang
Peserta didik mengkomunikasikan secara lisan atau mempresentasikan materi dengan rasa percaya diri Hikmah dan manfaat beriman kepada kitab-kitab suci Allah Swt. sesuai dengan pemahamannya.
v Saling tukar informasi tentang materi :
Ø Hikmah dan manfaat beriman kepada kitab-kitab suci Allah Swt.
dengan ditanggapi aktif oleh peserta didik dari kelompok lainnya sehingga diperoleh sebuah pengetahuan baru yang dapat dijadikan sebagai bahan diskusi kelompok kemudian, dengan menggunakan metode ilmiah yang terdapat pada buku pegangan peserta didik atau pada lembar kerja yang disediakan dengan cermat untuk mengembangkan sikap teliti, jujur, sopan, menghargai pendapat orang lain, kemampuan berkomunikasi, menerapkan kemampuan mengumpulkan informasi melalui berbagai cara yang dipelajari, mengembangkan kebiasaan belajar dan belajar sepanjang hayat.
Data
processing
(pengolahan
Data)
COLLABORATION (KERJASAMA) dan CRITICAL THINKING (BERPIKIR KRITIS)
Peserta didik dalam kelompoknya berdiskusi mengolah data hasil pengamatan dengan cara :
v Berdiskusi tentang data dari Materi :
Ø Hikmah dan manfaat beriman kepada kitab-kitab suci Allah Swt.
v Mengolah informasi dari materi Hikmah dan manfaat beriman kepada kitab-kitab suci Allah Swt. yang sudah dikumpulkan dari hasil kegiatan/pertemuan sebelumnya mau pun hasil dari kegiatan mengamati dan kegiatan mengumpulkan informasi yang sedang berlangsung dengan bantuan pertanyaan-pertanyaan pada lembar kerja.
v Peserta didik mengerjakan beberapa soal mengenai materi Hikmah dan manfaat beriman kepada kitab-kitab suci Allah Swt..
Verification
(pembuktian)
CRITICAL THINKING (BERPIKIR KRITIS)
Peserta didik mendiskusikan hasil pengamatannya dan memverifikasi hasil pengamatannya dengan data-data atau teori pada buku sumber melalui kegiatan :
v Menambah keluasan dan kedalaman sampai kepada pengolahan informasi yang bersifat mencari solusi dari berbagai sumber yang memiliki pendapat yang berbeda sampai kepada yang bertentangan untuk mengembangkan sikap jujur, teliti, disiplin, taat aturan, kerja keras, kemampuan menerapkan prosedur dan kemampuan berpikir induktif serta deduktif dalam membuktikan tentang materi :
Ø Hikmah dan manfaat beriman kepada kitab-kitab suci Allah Swt.
antara lain dengan : Peserta didik dan guru secara bersama-sama membahas jawaban soal-soal yang telah dikerjakan oleh peserta didik.
Generalization
(menarik
kesimpulan)
COMMUNICATION (BERKOMUNIKASI)
Peserta didik berdiskusi untuk menyimpulkan
v Menyampaikan hasil diskusi  tentang materi Hikmah dan manfaat beriman kepada kitab-kitab suci Allah Swt. berupa kesimpulan berdasarkan hasil analisis secara lisan, tertulis, atau media lainnya untuk mengembangkan sikap jujur, teliti, toleransi, kemampuan berpikir sistematis, mengungkapkan pendapat dengan sopan.
v Mempresentasikan hasil diskusi kelompok secara klasikal tentang materi :
Ø Hikmah dan manfaat beriman kepada kitab-kitab suci Allah Swt.
v Mengemukakan  pendapat  atas presentasi yang dilakukan tentanag materi Hikmah dan manfaat beriman kepada kitab-kitab suci Allah Swt. dan ditanggapi oleh kelompok yang mempresentasikan.
v Bertanya atas presentasi tentang materi Hikmah dan manfaat beriman kepada kitab-kitab suci Allah Swt. yang dilakukan dan peserta didik lain diberi kesempatan  untuk menjawabnya.

CREATIVITY (KREATIVITAS)
v Menyimpulkan tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran yang baru dilakukan berupa :
Laporan hasil pengamatan secara tertulis tentang materi :
Ø Hikmah dan manfaat beriman kepada kitab-kitab suci Allah Swt.
v Menjawab pertanyaan tentang materi Hikmah dan manfaat beriman kepada kitab-kitab suci Allah Swt. yang terdapat pada buku pegangan peserta didik atau lembar kerja yang telah disediakan.
v Bertanya tentang hal yang belum dipahami, atau guru melemparkan beberapa pertanyaan kepada siswa berkaitan dengan materi Hikmah dan manfaat beriman kepada kitab-kitab suci Allah Swt. yang akan selesai dipelajari
v Menyelesaikan uji kompetensi untuk materi Hikmah dan manfaat beriman kepada kitab-kitab suci Allah Swt. yang terdapat pada buku pegangan peserta didik atau pada lembar lerja yang telah disediakan secara individu untuk mengecek penguasaan siswa terhadap materi pelajaran.
Catatan : Selama pembelajaran Hikmah dan manfaat beriman kepada kitab-kitab suci Allah Swt. berlangsung, guru mengamati sikap siswa dalam pembelajaran yang meliputi sikap: nasionalisme,  disiplin, rasa percaya diri, berperilaku jujur, tangguh menghadapi masalah tanggungjawab, rasa ingin tahu, peduli lingkungan
Kegiatan Penutup (15 Menit)
Peserta didik :
v Membuat resume (CREATIVITY) dengan bimbingan guru tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran tentang materi Hikmah dan manfaat beriman kepada kitab-kitab suci Allah Swt. yang baru dilakukan.
v Mengagendakan pekerjaan rumah untuk materi pelajaran Hikmah dan manfaat beriman kepada kitab-kitab suci Allah Swt. yang baru diselesaikan.
v Mengagendakan materi atau tugas projek/produk/portofolio/unjuk kerja yang harus mempelajarai pada pertemuan berikutnya di luar jam sekolah atau dirumah.
Guru :
v Memeriksa pekerjaan siswa  yang selesai  langsung diperiksa untuk materi pelajaran Hikmah dan manfaat beriman kepada kitab-kitab suci Allah Swt..
v Peserta didik yang  selesai mengerjakan tugas projek/produk/portofolio/unjuk kerja dengan benar diberi paraf serta diberi nomor urut peringkat,  untuk penilaian tugas projek/produk/portofolio/unjuk kerja pada materi pelajaran Hikmah dan manfaat beriman kepada kitab-kitab suci Allah Swt..
v Memberikan penghargaan untuk materi pelajaran Hikmah dan manfaat beriman kepada kitab-kitab suci Allah Swt. kepada kelompok yang memiliki kinerja dan kerjasama yang baik.


I.         Penilaian Hasil Pembelajaran
1.    Penilaian Skala Sikap
Berilah tanda “centang” (√) yang sesuai dengan kebiasaan kamu terhadap pernyataan-pernyataan yang tersedia!

No
Pernyataan
Kebiasaan
Selalu
Sering
Jarang
Tidak Pernah
Skor 4
Skor 3
Skor 2
Skor 1
1





2





3





4





5





6





7





8





9





10






Nilai akhir = Jumlah skor yang diperoleh peserta didik× 100
skor tertinggi 4

2.    Penilaian “Membaca dengan Tartil”
Rubrik Pengamatannya sebagai berikut:
No.
Nama Peserta Didik
Aspek yang dinilai
Jumlah Skor
Nilai
Ketuntasan
Tindak Lanjut
1
2
3
4
T
TT
R
P
1











2











Dst











Aspek yang dinilai : 1. Kelancaran                  Skor 25 100
                             2. Artinya                Skor 25 100
                             3. Isi                        Skor 25 100
                             4. Dan lain-lain       Skor dikembangkan
                             Skor maksimal….   100

Rubrik penilaiannya adalah:
1)        Kelancaran
a)      Jika peserta didik dapat membaca  sangat lancar, skor 100.
b)      Jika peserta didik dapat membaca  lancar, skor 75.
c)      Jika peserta didik dapat membaca  tidak lancar dan kurang sempurna, skor 50.
d)      Jika peserta didik tidak dapat membaca , skor 25

2)        Arti
a)      Jika peserta didik dapat mengartikan  dengan benar, skor 100.
b)      Jika peserta didik dapat mengartikan  dengan benar dan kurang sempurna, skor 75.
c)      Jika peserta didik tidak benar mengartikan, skor 50.
d)      Jika peserta didik tidak dapat mengartikan, skor 25.

3)        Isi
a)      Jika peserta didik dapat menjelaskan dengan benar, skor 100.
b)      Jika peserta didik dapat menjelaskan dengan mendekati benar, skor 75.
c)      Jika peserta didik dapat menjelaskan dengan tidak benar, skor 50.
d)      Jika peserta didik tidak dapat menjelaskan, skor 25.

4)        Dan Lain-lain
Guru dapat mengembangkan skor tersebut jika ditemui kriteria penilaian lain berdasarkan bentuk perilaku peserta didik pada situasi dan kondisi yang berkembang

3.    Penilaian Diskusi
Peserta didik berdiskusi tentang memahami makna .
Aspek dan rubrik penilaian:
1)      Kejelasan dan ke dalaman informasi
(a)    Jika kelompok tersebut dapat memberikan kejelasan dan ke dalaman informasi lengkap dan sempurna, skor 100.
(b)   Jika kelompok tersebut dapat memberikan penjelasan dan ke dalaman informasi lengkap dan kurang sempurna, skor 75.
(c)    Jika kelompok tersebut dapat memberikan penjelasan dan ke dalaman informasi kurang lengkap, skor 50.
(d)   Jika kelompok tersebut tidak dapat memberikan penjelasan dan ke dalaman informasi, skor 25.

Contoh Tabel:
No.
Nama Peserta didik
Aspek yang Dinilai
Jumlah Skor
Nilai
Ketuntasan
Tindak Lanjut
Kejelasan dan Kedalaman Informasi
T
TT
R
R
1








2








3








Dst.









2)      Keaktifan dalam diskusi
(a)    Jika kelompok tersebut berperan sangat aktif dalam diskusi, skor 100.
(b)   Jika kelompok tersebut berperan aktif dalam diskusi, skor 75.
(c)    Jika kelompok tersebut kurang aktif dalam diskusi, skor 50.
(d)   Jika kelompok tersebut tidak aktif dalam diskusi, skor 25.
Contoh Tabel:
No.
Nama Peserta didik
Aspek yang Dinilai
Jumlah Skor
Nilai
Ketuntasan
Tindak Lanjut
Keaktifan dalam Diskusi
T
TT
R
R
1








2








3








Dst.









3)      Kejelasan dan kerapian presentasi/ resume
(a)    Jika kelompok tersebut dapat mempresentasikan/resume dengan sangat jelas dan rapi, skor 100.
(b)   Jika kelompok tersebut dapat mempresentasikan/resume dengan jelas dan rapi, skor 75.
(c)    Jika kelompok tersebut dapat mempresentasikan/resume dengan sangat jelas dan kurang rapi, skor 50.
(d)   Jika kelompok tersebut dapat mempresentasikan/resume dengan kurang jelas dan tidak rapi, skor 25.
Contoh Tabel:
No.
Nama Peserta didik
Aspek yang Dinilai
Jumlah Skor
Nilai
Ketuntasan
Tindak Lanjut
Kejelasan dan Kerapian Presentasi
T
TT
R
R
1








2








3








Dst.









4.    Remedial
Peserta didik yang belum menguasai materi (belum mencapai ketuntasan belajar) akan dijelaskan kembali oleh guru. Guru melakukan penilaian kembali dengan soal yang sejenis atau memberikan tugas individu terkait dengan topik yang telah dibahas. Remedial dilaksanakan pada waktu dan hari tertentu yang disesuaikan, contoh: pada saat jam belajar, apabila masih ada waktu, atau di luar jam pelajaran (30 menit setelah jam pelajaran selesai).

CONTOH PROGRAM REMIDI

Sekolah                         : ........................
Kelas/Semester              : ........................
Mat Pelajaran                 : ........................
Ulangan Harian Ke        : ........................
Tanggal Ulangan Harian           : ........................
Bentuk Ulangan Harian : ........................
Materi Ulangan Harian  : ........................
(KD/Indikator                : ........................
KKM                             : ........................

No
Nama Peserta Didik
Nilai Ulangan
Indikator yang Belum Dikuasai
Bentuk Tindakan Remedial
Nilai Setelah Remedial
Ket.
1






2






3






4






dst,







5.    Pengayaan
Dalam kegiatan pembelajaran, peserta didik yang sudah menguasai materi  sebelum waktu yang telah ditentukan, diminta untuk soal-soal pengayaan berupa pertanyaan-pertanyaan yang lebih fenomenal dan inovatif atau aktivitas lain yang relevan dengan topik pembelajaran. Dalam kegiatan ini, guru dapat mencatat dan memberikan tambahan nilai bagi peserta didik yang berhasil dalam pengayaan.

6.    Interaksi Guru dengan Orang Tua
Interaksi guru dengan orang tua perlu dilakukan, salah satunya adalah, guru meminta peserta didik memperlihatkan kolom “Membaca dengan Tartil” dalam buku teks peserta didik kepada orang tuanya dengan memberikan komentar dan paraf.
Dapat juga dengan mengunakan buku penghubung kepada orang tua tentang perubahan perilaku peserta didik setelah mengikuti kegiatan pembelajaran atau berkomunikasi langsung, dengan pernyataan tertulis atau lewat telepon tentang perkembangan kemampuan terkait dengan materi.


Catatan:










Mengetahui:
Banguntapan,     Juli 2019
Kepala Sekolah,
Guru Mata Pelajaran,





Drs. Ir. JOKO KUSTANTA, M.Pd
NIP. 19660913 199103 1 004
AHMAD AMALI KURNIAWAN, M.Pd.I
NIP. 19830129 200903 1 005


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Informasi Guru

Workshop Online SAGUSABLOG (Satu Guru Satu Blog) GRATIS

Asyiknya Mengikuti Workshop Online SAGUSABLOG SAGUSABLOG merupakan salah satu kegiatan yang diprakarsai Ikatan Guru Indonesia (IGI) ...