Kamis, 27 Juni 2019

Program Tahunan PAI Kelas XI


PROGRAM TAHUNAN

                                                                                                                                   
Sekolah                          : SMA Negeri 1 Banguntapan
Mata Pelajaran             : Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti
Program Keahlian        : Semua Program (MIPA/IPS)
Kelas/Semester             : XI / Ganjil - Genap
Tahun Pelajaran           : 2019/2020


Kompetensi Inti :
KI 1     :  Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya
KI 2     : Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (gotong-royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan pro-aktif sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia
KI 3     : Memahami, menerapkan, dan menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
KI 4     : Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, bertindak secara efektif dan kreatif, serta mampu menggunakan metoda sesuai dengan kaidah keilmuan

SMT
KOMPETENSI  DASAR
Alokasi Waktu
KET
SEMESTER GANJIL
1.1      Meyakini bahwa taat pada aturan, kompetisi dalam kebaikan, dan etos kerja sebagai perintah agama
12 JP

2.1      Menaati aturan, tanggung jawab, berkompetisi dalam kebaikan dan kerja keras sebagai implementasi dari pemahaman Q.S. an-Nisā'/4: 59, Q.S. al-Māidah/5: 48, dan Q.S. at-Taubah/9: 105 serta Hadis yang terkait
3.1      Menganalisis makna Q.S. an-Nisā'/4: 59, Q.S. al-Māidah/5: 48, dan Q.S. at-Taubah/9: 105, serta Hadis tentang taat pada aturan, kompetisi dalam kebaikan, dan etos kerja
4.1.1   Membaca Q.S. an-Nisā'/4: 59, Q.S. al-Māidah/5: 48, dan Q.S. at-Taubah/9: 105 sesuai dengan kaidah tajwid dan makharijul huruf
4.1.2   Mendemonstrasikan hafalan Q.S. an-Nisā'/4: 59, Q.S. al-Māidah/5: 48, dan Q.S. at-Taubah/9: 105 dengan fasih dan lancar
4.1.3   Menyajikan keterkaitan antara perintah berkompetisi dalam kebaikan dengan kepatuhan terhadap ketentuan Allah sesuai dengan pesan Q.S. an-Nisā'/4: 59, Q.S. al-Māidah/5: 48, dan Q.S. at-Taubah/9: 105
1.3      Meyakini adanya kitab-kitab suci Allah Swt.
9 JP

2.3      Peduli kepada orang lain dengan saling menasihati sebagai cerminan beriman kepada kitab-kitab Allah Swt.
3.3      Menganalisis makna iman kepada kitab-kitab Allah Swt.
4.3      Mempresentasikan keterkaitan antara beriman kepada kitab-kitab suci Allah Swt. dengan perilaku sehari-hari
1.5      Meyakini bahwa Islam mengharuskan umatnya untuk memiliki sifat syaja’ah (berani membela kebenaran) dalam mewujudkan kejujuran
6 JP

2.5      Menunjukkan sikap syaja’ah (berani membela kebenaran) dalam mewujudkan kejujuran
3.5      Menganalisis makna syaja’ah (berani membela kebenaran) dalam kehidupan sehari-hari
4.5      Menyajikan kaitan antara syaja’ah (berani membela kebenaran) dengan upaya mewujudkan kejujuran dalam kehidupan sehari-hari
1.7      Menerapkan perawatan jenazah sesuai dengan ketentuan syariat Islam
9 JP

2.7      Menunjukkan sikap tanggung jawab dan kerja sama dalam perawatan jenazah di masyarakat
3.7      Mengevaluasi tata cara perawatan jenazah jenazah
4.7      Menyimulasikan tata cara perawatan jenazah jenazah
1.8      Menerapkan ketentuan khutbah, tablig, dan dakwah di masyarakat sesuai dengan syariat Islam
9 JP

2.8      Peduli dan menjaga kebersamaan dengan orang lain dengan saling menasehati melalui khutbah, tablig, dan dakwah
3.8      Menganalisis pelaksanaan khutbah, tablig, dan dakwah
4.8      Menyimulasikan tata cara khutbah, tablig, dan dakwah
1.10    Mengakui bahwa nilai-nilai islam dapat mendorong kemajuan perkembangan Islam pada masa kejayaan.
9 JP

2.10    Menjaga kerukunan dan berkompetisi dalam kebaikan sebagai implementasi dari nilai-nilai perkembangan Islam pada masa kejayaan
3.10    Menganalisis perkembangan peradaban Islam pada masa kejayaan (Masa Al-Khulafaur-Rasyidun – Bani Umayyah)
4.10    Menyajikan perkembangan peradaban Islam dan faktor-faktor yang mempengaruhinya pada masa kejayaan (Masa Al-Khulafaur-Rasyidun – Bani Umayyah)
JUMLAH
54 JPL

SEMESTER GENAP
1.2      Meyakini bahwa agama mengajarkan toleransi, kerukunan, dan menghindarkan diri dari tindak kekerasan
12 JP

2.2      Bersikap toleran, rukun, dan menghindarkan diri dari tindak kekerasan sebagai implementasi pemahaman Q.S. Yunus/10 : 40-41 dan Q.S. al-Maidah/5: 32, serta Hadis terkait
3.2      Menganalisis makna Q.S. Yunus/10 : 40-41 dan Q.S. al-Maidah/5: 32, serta Hadis tentang toleransi, rukun, dan menghindarkan diri dari tindak kekerasan
4.2.1   Membaca Q.S. Yunus/10 : 40-41 dan Q.S. al-Maidah/5: 32 sesuai dengan kaidah tajwid dan makharijul huruf
4.2.2   Mendemonstrasikan hafalan Q.S. Yunus/10 : 40-41 dan Q.S. al-Maidah/5: 32 dengan fasih dan lancar
4.2.3   Mempresentasikan perintah toleransi dan kerukunan sesuai pesan Q.S. Yunus/10: 40-41 dan menghindari tindak kekerasan sesuai pesan Q.S. al-Maidah/5: 32
1.4      Meyakini adanya rasul-rasul Allah Swt.
9 JP

2.4      Menunjukkan perilaku saling menolong sebagai cerminan beriman kepada rasul-rasul Allah Swt.
3.4      Menganalisis makna iman kepada rasul-rasul Allah Swt.
4.4      Menyajikan hubungan antara iman kepada rasul-rasul Allah Swt. dengan keteguhan dalam bertauhid, toleransi, ketaatan, dan kecintaan kepada Allah
1.6      Meyakini bahwa hormat dan patuh kepada orang tua dan guru sebagai kewajiban agama
6 JP

2.6      Menunjukkan perilaku hormat dan patuh kepada orang tua dan guru sebagai implementasi pemahaman Q.S. al-Isra’/17: 23 dan Hadis terkait
3.6      Menganalisis perilaku hormat dan patuh kepada orang tua dan guru
4.6      Menyajikan kaitan antara ketauhidan dalam beribadah dengan hormat dan patuh kepada orang tua dan guru sesuai dengan Q.S. al-Isra’/17: 23 dan Hadis terkait
1.9      Menerapkan prinsip ekonomi dan muamalah sesuai dengan ketentuan syariat Islam
9 JP

2.9      Bekerjasama dalam menegakkan prinsip-prinsip dan praktik ekonomi sesuai syariat Islam
3.9      Menganalisis prinsip-prinsip dan praktik ekonomi dalam Islam
4.9      Menentukan kegiatan usaha sesuai dengan prinsip-prinsip dan praktik ekonomi dalam Islam
1.11    Mempertahankan keyakinan yang benar sesuai ajaran Islam dalam sejarah peradaban Islam pada masa modern
9 JP

2.11    Menjaga kerukunan dan berkompetisi dalam kebaikan sebagai implementasi dari nilai-nilai sejarah peradaban Islam pada masa modern
3.11    Menganalisis perkembangan Islam pada masa modern (1800-sekarang)
4.11.1 Menyajikan perkembangan peradaban Islam pada masa modern (1800-sekarang)
4.11.2 Menyajikan prinsip-prinsip pembaharuan yang sesuai dengan perkembangan peradaban Islam pada masa modern
JUMLAH
45 JPL


Mengetahui:

Banguntapan,     Juli 2019
Kepala Sekolah,
Guru Mata Pelajaran,





Drs. Ir. JOKO KUSTANTA, M.Pd
NIP. 19660913 199103 1 004
AHMAD AMALI KURNIAWAN, M.Pd.I
NIP. 19830129 200903  1005

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Informasi Guru

Workshop Online SAGUSABLOG (Satu Guru Satu Blog) GRATIS

Asyiknya Mengikuti Workshop Online SAGUSABLOG SAGUSABLOG merupakan salah satu kegiatan yang diprakarsai Ikatan Guru Indonesia (IGI) ...