PROGRAM TAHUNAN
Sekolah : SMA Negeri 1 Banguntapan
Mata Pelajaran : Pendidikan Agama Islam dan Budi
Pekerti
Program
Keahlian : Semua Program (MIPA/IPS)
Kelas/Semester : XI / Ganjil
- Genap
Tahun Pelajaran : 2019/2020
Kompetensi Inti :
KI 1 : Menghayati
dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya
KI 2 : Menunjukkan perilaku jujur, disiplin,
tanggung jawab, peduli (gotong-royong, kerjasama, toleran, damai), santun,
responsif dan pro-aktif sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam
berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam
menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia
KI 3 : Memahami,
menerapkan, dan menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan
metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan,
teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan,
kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta
menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai
dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
KI 4 : Mengolah,
menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan
pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, bertindak
secara efektif dan kreatif, serta mampu menggunakan metoda sesuai dengan kaidah
keilmuan
SMT
|
KOMPETENSI
DASAR
|
Alokasi Waktu
|
KET
|
SEMESTER GANJIL
|
1.1 Meyakini bahwa taat pada aturan, kompetisi dalam
kebaikan, dan etos kerja sebagai perintah agama
|
12 JP
|
|
2.1 Menaati aturan, tanggung jawab, berkompetisi dalam kebaikan dan kerja keras
sebagai implementasi dari pemahaman Q.S. an-Nisā'/4: 59, Q.S.
al-Māidah/5: 48, dan Q.S. at-Taubah/9: 105 serta Hadis yang
terkait
|
|||
3.1 Menganalisis makna Q.S. an-Nisā'/4: 59, Q.S. al-Māidah/5: 48, dan Q.S. at-Taubah/9: 105, serta Hadis tentang taat pada
aturan, kompetisi dalam kebaikan, dan etos kerja
|
|||
4.1.1 Membaca Q.S. an-Nisā'/4:
59, Q.S. al-Māidah/5: 48, dan Q.S. at-Taubah/9: 105 sesuai dengan kaidah tajwid dan makharijul huruf
4.1.2 Mendemonstrasikan hafalan Q.S. an-Nisā'/4: 59, Q.S. al-Māidah/5: 48, dan Q.S. at-Taubah/9: 105 dengan fasih dan lancar
4.1.3 Menyajikan keterkaitan antara perintah berkompetisi dalam
kebaikan dengan kepatuhan terhadap ketentuan Allah sesuai dengan pesan Q.S. an-Nisā'/4: 59, Q.S. al-Māidah/5: 48, dan Q.S. at-Taubah/9: 105
|
|||
1.3 Meyakini adanya kitab-kitab suci Allah Swt.
|
9 JP
|
||
2.3 Peduli kepada orang lain dengan saling menasihati sebagai
cerminan beriman kepada kitab-kitab Allah Swt.
|
|||
3.3 Menganalisis makna iman kepada kitab-kitab Allah Swt.
|
|||
4.3 Mempresentasikan keterkaitan antara beriman kepada kitab-kitab
suci Allah Swt. dengan perilaku sehari-hari
|
|||
1.5 Meyakini bahwa Islam mengharuskan umatnya untuk memiliki sifat
syaja’ah (berani membela kebenaran) dalam mewujudkan kejujuran
|
6 JP
|
||
2.5 Menunjukkan sikap syaja’ah (berani membela kebenaran)
dalam mewujudkan kejujuran
|
|||
3.5 Menganalisis makna syaja’ah (berani membela kebenaran)
dalam kehidupan sehari-hari
|
|||
4.5 Menyajikan kaitan antara syaja’ah (berani membela
kebenaran) dengan upaya mewujudkan kejujuran dalam kehidupan sehari-hari
|
|||
1.7 Menerapkan perawatan jenazah sesuai
dengan ketentuan syariat Islam
|
9 JP
|
||
2.7 Menunjukkan sikap tanggung jawab dan
kerja sama dalam perawatan jenazah di masyarakat
|
|||
3.7 Mengevaluasi tata cara perawatan
jenazah jenazah
|
|||
4.7 Menyimulasikan tata cara perawatan jenazah jenazah
|
|||
1.8 Menerapkan ketentuan khutbah, tablig, dan dakwah di masyarakat
sesuai dengan syariat Islam
|
9 JP
|
||
2.8 Peduli dan menjaga kebersamaan dengan orang lain dengan saling menasehati melalui khutbah, tablig,
dan dakwah
|
|||
3.8 Menganalisis pelaksanaan khutbah, tablig, dan dakwah
|
|||
4.8 Menyimulasikan tata
cara khutbah, tablig, dan dakwah
|
|||
1.10 Mengakui bahwa nilai-nilai islam dapat mendorong kemajuan
perkembangan Islam pada masa kejayaan.
|
9 JP
|
||
2.10 Menjaga kerukunan dan berkompetisi dalam kebaikan sebagai
implementasi dari nilai-nilai perkembangan Islam pada masa kejayaan
|
|||
3.10 Menganalisis perkembangan peradaban Islam pada masa
kejayaan (Masa Al-Khulafaur-Rasyidun – Bani Umayyah)
|
|||
4.10 Menyajikan perkembangan peradaban Islam dan
faktor-faktor yang mempengaruhinya pada masa kejayaan (Masa Al-Khulafaur-Rasyidun
– Bani Umayyah)
|
|||
JUMLAH
|
54 JPL
|
||
SEMESTER GENAP
|
1.2 Meyakini bahwa agama mengajarkan toleransi, kerukunan, dan
menghindarkan diri dari tindak kekerasan
|
12 JP
|
|
2.2 Bersikap toleran, rukun, dan menghindarkan diri dari tindak
kekerasan sebagai implementasi pemahaman Q.S. Yunus/10 : 40-41 dan Q.S. al-Maidah/5: 32, serta Hadis terkait
|
|||
3.2 Menganalisis makna Q.S. Yunus/10 : 40-41 dan Q.S.
al-Maidah/5: 32, serta
Hadis tentang toleransi, rukun, dan menghindarkan diri dari tindak kekerasan
|
|||
4.2.1 Membaca Q.S. Yunus/10 : 40-41 dan Q.S.
al-Maidah/5: 32 sesuai
dengan kaidah tajwid dan makharijul huruf
4.2.2 Mendemonstrasikan hafalan Q.S. Yunus/10 : 40-41 dan Q.S. al-Maidah/5: 32 dengan fasih dan lancar
4.2.3 Mempresentasikan perintah toleransi dan kerukunan sesuai pesan Q.S. Yunus/10: 40-41 dan menghindari
tindak kekerasan sesuai pesan Q.S. al-Maidah/5: 32
|
|||
1.4 Meyakini adanya rasul-rasul Allah Swt.
|
9 JP
|
||
2.4 Menunjukkan perilaku saling menolong sebagai cerminan beriman
kepada rasul-rasul Allah Swt.
|
|||
3.4 Menganalisis makna iman kepada rasul-rasul Allah Swt.
|
|||
4.4 Menyajikan hubungan antara iman kepada rasul-rasul
Allah Swt. dengan keteguhan dalam bertauhid, toleransi, ketaatan, dan
kecintaan kepada Allah
|
|||
1.6 Meyakini bahwa hormat dan patuh kepada orang tua dan guru sebagai kewajiban agama
|
6 JP
|
||
2.6 Menunjukkan perilaku hormat dan patuh kepada orang tua dan guru sebagai implementasi pemahaman Q.S. al-Isra’/17: 23
dan Hadis terkait
|
|||
3.6 Menganalisis perilaku hormat dan patuh kepada orang tua dan guru
|
|||
4.6 Menyajikan kaitan antara ketauhidan dalam beribadah dengan
hormat dan patuh kepada orang tua dan guru sesuai dengan Q.S.
al-Isra’/17: 23 dan Hadis terkait
|
|||
1.9 Menerapkan prinsip ekonomi dan muamalah sesuai dengan
ketentuan syariat Islam
|
9 JP
|
||
2.9 Bekerjasama dalam menegakkan prinsip-prinsip dan praktik
ekonomi sesuai syariat Islam
|
|||
3.9 Menganalisis prinsip-prinsip dan praktik
ekonomi dalam Islam
|
|||
4.9 Menentukan kegiatan usaha sesuai dengan
prinsip-prinsip dan praktik ekonomi dalam Islam
|
|||
1.11 Mempertahankan keyakinan yang benar sesuai ajaran Islam dalam sejarah peradaban
Islam pada masa modern
|
9 JP
|
||
2.11 Menjaga kerukunan dan berkompetisi dalam kebaikan sebagai
implementasi dari nilai-nilai sejarah peradaban Islam pada masa modern
|
|||
3.11 Menganalisis perkembangan Islam pada masa
modern (1800-sekarang)
|
|||
4.11.1 Menyajikan perkembangan peradaban Islam pada masa
modern (1800-sekarang)
4.11.2 Menyajikan prinsip-prinsip pembaharuan yang sesuai dengan
perkembangan peradaban Islam pada masa modern
|
|||
JUMLAH
|
45 JPL
|
Mengetahui:
|
Banguntapan, Juli 2019
|
Kepala Sekolah,
|
Guru
Mata Pelajaran,
|
Drs. Ir. JOKO KUSTANTA, M.Pd
NIP. 19660913 199103 1 004
|
AHMAD
AMALI KURNIAWAN, M.Pd.I
NIP.
19830129 200903 1005
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar